Berlangganan

Resep Omani Chapatti, Mirip Kue Maryam. Jadinya Cantik Dan Nggak Lengket



Belakangan ini banyak sekali beberapa makanan modern yang populer dikalangan masyarakat Indonesia. Sebagai seorang Bunda tentunya enggak boleh ketinggalan soal update masakan makanan dan kue yang terbaru dong. Bunda udah pernah dengar tentang makanan omani chapatti?

Makanan ini sebenarnya punya nama chapatti tapi datangnya dari beberapa Negara Bunda, ada yang datang dari India, arab dan masih banyak lainnya. Kalau resep omani chapatti datangnya dari Negara Oman. Makanan dengan bentuk bundar pipih ini belakangan banyak disukai soalnya rsanya memang enak. Tapi sayangnya kalau mau bikin memang harus ada tenaga esktra Bunda, biar hasilnya juga bagus dan sempurna.

Makanan ini udah mulai di jual di beberapa rumah makan dan bisa dibilang juga cukup laris loh Bunda. Bunda sebenarnya juga bisa sih bikin omani chapatti sendiri di rumah yang akan jadi suguhan spesial buat keluarga ketika sedang berkumpul. Pasti beberapa keluarga yang belum pernah tahu makanan ini jadi suka dan sering datang ke rumah Bunda untuk makan masakan ini. Resep omani chapatti ini cukup mudah diikuti sekalipun memang harus langkah demi langkah bikinnya. Enggak hanya buat keluarga, ternyata makanan ini juga cocok kalau disajikan untuk acara hajatan, para tamunya juga pasti bakalan senang. Kalau memungkinkan bisa jadi peluang usaha untuk Bunda di rumah biar bisa dapat tambahan penghasilan ya Bunda.

Bikin omani chapatti ini bahannya gampang dicari di sekitar kita kok Bunda, sekalipun datangnya dari Negara lain makanannya. Langkah bikinnya emang cukup menguras tenaga, tapi hasilnya juga lebih enak dan memuaskan. Berikut ini beberapa bahan sama langkah buat bikin resep omani chapatti sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 200 gram terigu
  • 1 butir telur
  • 2 sdm susu bubuk
  • Air hangat suam kuku secukupnya (kurang lebih 80 sampai 100 ml)
  • 2 sdm minyak samin (klo ga pny pakai margarin/ butter)
  • 1/2 sdt garam atau sesuaikan selera

Untuk olesan:

  • Secukupnya minyak samin (klo ga pny pakai margarin/ butter)
  • Secukupnya terigu

Langkah Membuat:

1. Dalam wadah, masukkan terigu, telur, minyak samin atau mentega atau margarin, garam, dan susu bubuk, tuang air hangat sedikit demi sedikit ya jangan langsung semua dituang takut kelembekan, sambil diaduk hingga adonan bisa diuleni

2. Biar gampang nguleni nya, keluarkan dri wadah, taruh di tempat datar, uleni sampai kalis


3. Kalis


4. Bagi menjadi beberapa, aku jadi 6, lumuri dgn sedikit minyak samin/ atau margarin atau mentega.


5. Tutup dgn bekas wadah tempat adonan tadi, atau bisa taruh diwadah tutup rapat biarkan 15 menit


6. Setelah 15 menit, ambil 1 adonan, gilas tipis, biar ga lengket taburi papan gilasannya, serta adonan bulatnya dgn tepung ya, kalo udah digilas olesi dalamnya dgn minyak samin/ mentega/margarin


7. Taburi sedikit tepung terigu lagi sebelum digulung, biar nanti saat jadi Chapati nya layer nya bisa misah dan tidak lengket


8. Gulung sambil ditekan dan agak ditarik agar padat


9. Lalu gulung dri tepi kanan sampai tepi kiri, dan ujung kiri masukkan ke lubang tengah dari bawah agar rapat dan tidak pudar, (seperti gambar saya menyebutnya mirip rumah keong hehe) ________________________ NOTE= ini tujuannya agar si Chapati hasilnya ada layernya, kalo terlalu ribet, bentuk sebisanya ya.


10. Lakukan hingga habis, tutup kembali bisa ditutup dgn plastik wrap atau kain yg agak basah biarkan 30 menit


11. Stelah 30 menit, panaskan Teflon, (Teflon tdk perlu diolesi minyak atau apapun ya, ngasih minyak atau mentega nanti saat mau membalikkan si chapati). sambil menunggu teflon panas, ambil 1 adonan tadi gilas bundar, tipis tebalnya sesuaikan selera (jgn terlalu tipis krn bisa membikin chapati kering). Oh ya taburi papan untuk tempat menggilasnya dgn tepung biar gak lengket dan mudah.


12. Taruh diteflon, biarkan hingga warnanya jadi tidak pucat dan keluar seperti gelembung pakai api sedang cenderung besar ya,lalu taruh 1 Sdm minyak samin/mentega diatasnya. Baru balikkan Chapati nya disisi kedua.


13. Setelah dibalik sambil ditekan dan diputar putar ya, sampai sebaliknya jg kecoklatan. Aku yg sisi kedua ini pakai api besar jadi cepat dan bikin warna bagus lho,balikkan lgi sisi satunya yg pertama tadi sebentar saja agar terkena sisaan lelehan minyak samin/ mentega dari teflon dan bikin warnanya lbh coklat lagi.


14. Tara..... cantik kan warnanya


15. NOTE= biasanya setelah memasak 2 buah Chapati Teflon nya akan ada minyak samin /mentega yg menempel ya, jadi sebelum ditaruhin chapati selanjutnya, teflonnya lap dulu dengan tisyu atau siram dgn air sedikit. Tujuannya agar si Chapati selanjutnya warnanya tetp cantik.


16. Chapati yg sudah matang Simpan ditempat seperti hot pot atau wadah yg ada tutupnya, tpi sebelum ditutup, taruh dengan kain bersih ya, agar awet empuk.

17. Tak ada chicken curry pun, secangkir kopi juga udah maknyus (lihat lapisannya kan? chapati model oman ini mirip roti maryam)


18. Dicocol cocol ke Indian Chicken curry cocok sekali (Indian Chicken curry resep sudah saya share)


19. Kalo mau bikin banyak, habis dibentuk yg kayak rumah keong tadi, taruh diwadah yg tertutup rapat, simpan di freezer tahan hingga 1 bulan, kalo mau dimasak, tinggal keluarkan dari freezer biarkan beberapa saat diruangan hingga adonan tidak beku dan sekiranya bisa digilas,


Nah, itulah bahan sama langkah membuat resep omani chapatti sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Langkahnya diikuti secara perlahan saja Bunda, biar dapat hasil yang memuaskan. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber