Berlangganan

Resep Kroket Ayam Kentang Super Gurih. Enak Buat Cemilan



Bunda udah pernah tahu tentang makanan kroket? Kroket sendiri adalah makanan yang diambil dari Bahasa Belanda dan bentuknya hampir seperti rogout yang diberikan lapisan telur dan juga tepung panir kemudian digoreng. Tapi kalau di Indonesia sendiri merupakan gumpalan kentang yang ditumbuk halus kemudian diberi daging cincang dan juga sayuran, diberi bumbu.

Kalau sudah, baru dilapisi sama telur dan tepung panir. Memang hampir menyerupai perkedel sih Bunda, cuma kalau kroket ini paka tepung panir sebagai bahan pelapisnya. Nah, Bunda bisa coba masak resep kroket ayam kentang di rumah sebagai menu makanan keluarga. Selain rasanya enak, ternyata juga cukup sehat kok Bunda.

Bikin kroket ini bisa pakai beberapa macam pilihan daging loh Bunda, tapi buat yang simpel dan gampang untuk diolah memang bisa menggunakan daging ayam. Menu ini pasti spesial kalau disuguhkan untuk makan keluarga di rumah Bunda. Enggak cuma itu, tapi juga bisa loh jadi salah satu menu tambahan untuk acara hajatan dengan model prasmanan yang belakangan ini juga cukup populer. Daripada harus beli, lebih enak kalau Bunda bikin resep kroket ayam kentang sendiri di rumah. Kalau banyak yang suka, bisa jadi peluang bisnis untuk menerima pesanan loh Bunda. Jadi enggak perlu keluar rumah juga bisa menghasilkan uang tambahan.

Untuk bahan-bahan yang dipakai memang sederhana dan gampang dicari di sekitar kita Bunda. Terus langkah buat bikin juga cukup simpel dan enggak makan waktu yang banyak, jadi enggak bikin Bunda capek. Berikut ini beberapa bahan sama langkah yang bisa Bunda ikuti buat bikin resep kroket ayam kentang sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 400 gram kentang tua
  • 125 gram fillèt dada ayam
  • 50 gram wortel, potong dadu kecil
  • 1 butir kuning telur
  • 1 sdm susu bubuk full cream
  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Merica
  • Kaldu ayam bubuk atau blok (optional)
  • secukupnya Tepung panir atau bread crumbs
  • Minyak goreng

Bahan Pencelup :

  • 1 butir telur, kocok lepas

Langkah Membuat:

1. Rebus wortel sampai empuk (jangan lembek), sisihkan.

2. Rebus dada ayam sampai matang, potong kecil atau suwir-suwir, sisihkan.

3. Kupas kentang, potong-potong, goreng sampai kuning kecoklatan, sisihkan.

4. Tumbuk atau uleg bawang merah, bawang putih, merica dan garam sampai halus, lalu masukkan kentang goreng, susu bubuk dan kaldu ayam bubuk atau blok (optional), haluskan kembali, sisihkan.

5. Dalam wadah, campur adonan kentang dengan wortel dan potongan atau suwiran ayam, beri kuning telur, aduk rata dan koreksi rasa. Disini potongan ayam sebelumnya aku campur dan tumbuk sedikit bersamaan dengan kentangnya supaya merata.


6. Ambil secukupnya adonan Kroket, bentuk sesuai selera, celupkan kedalam kocokan telur ayam laku gulingkan kedalam tepung panir atau bread crumbs. Ulangi sampai adonan habis, lalu simpan di kulkas kurang lebih 1 jam agar tepung menempel sempurna.


7. Panaskan minyak dengan api sedang, goreng Kroket hingga kuning keemasan, angkat dan sajikan dengan saus sambal atau mayonnaise.


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep kroket ayam kentang sendiri di rumah Bunda. Cukup sederhana dan gampang kan? Kalau untuk porsi dan rasa, sesuaikan sama kebutuhan juga selera Bunda ya, jadi takaran bahan yang ada bisa ditambah atau dikurangi. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber