Berlangganan

Resep Kari Ayam India. Kuahnya Kental, Dagingnya Super Empuk!



Bunda pasti udah enggak asing lagi dong dengan masakan kari ayam? Makanan ini emang jadi hidangan yang udah umum di Asia Selatan ataupun Asia Tenggara. Beda nih kalau kari ayam yang ada di India sama kari ayam yang ada di Indonesia.

Mungkin kalau di India kari ayamnya direbus dengan menggunakan bawang Bombay dan juga saus dengan bahandasar tomat yang biasanya ditambah sama jahe ataupun rempah-rempah lainnya. Sekalipun rasa kari ayam Indonesai enggak kalah enaknya, tapi Bunda juga bisa loh coba masak resep kari ayam India yang rasanya enggak kalah enak.

Menyajikan menu makanan kari ayam India untuk menu makan keluarga pasti jadi salah satu menu yang spesial nih Bunda, soalnya jarang juga ada di Indonesai dan jarang dimasak oleh Bunda. Makanan ini menggunakan beberapa bumbu yang gampang dicari kok di Indonesia, jari rasanya memang tetap enak dan cocok dilidah. Selain bisa digunakan untuk suguhan menu makan keluarga di rumah, resep kari ayam India ini juga cocok kalau dikasih buat acara hajatan di rumah. Pasti nantinya banyak yang suka karena memang unik dan rasanya khas. Bunda juga bisa terima pesanan pembuatan kari ayam khas India, lumayan untuk pemasukan tanpa harus meninggalkan rumah dan tugas jadi ibu rumah tangga.

Bahan-bahan yang digunakan cukup sederhana kok Bunda dan gampang dicari di sekitar kita. Langkah bikinnya emang enggak segampang bikin kari ayam Indonesia, tapi rasanya juga enggak mengecewakan. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep kari ayam India sendiri yang bisa diikuti Bunda di rumah.

Bahan-bahan:

  • 500 gram ayam (potong sesuai selera)
  • 1 buah kentang sekitar 200 gram (kalo tidak suka boleh di skip)
  • 100 gram bawang merah (cincang)
  • 600 ml air
  • 12 butir bawang putih (haluskan)
  • 2 ruas jahe (haluskan)
  • 2 buah tomat (cincang)
  • 2 sdm pasta tomat (skip jika tdk punya)
  • 1 sdt garam (atau sesuaikan selera)
  • 1/2 sdt gula pasir (atau sesuaikan selera)
  • 1 sdt cabe bubuk (atau sesuaikan selera)
  • 1/2 sdt merica bubuk (klo pakai yg butiran 1 sdt)
  • 1 sdt ketumbar bubuk ( kalo pakai yg butiran 1 sdm
  • 1 sdt jintan bubuk (kalo pkai yg butiran sesuaikan selera)
  • 1 sdm rempah masala (masala homemade foto dibawah ya)
  • Secukupnya daun Kari
  • 1/2 sdt kunyit bubuk (kalo pakai yg fresh sesuaikan selera)
  • Secukupnya penyedap (skip jika tdk suka)

Langkah Membuat:

1. Untuk ukuran rempah masala homemade ala saya ini bisa dipakai beberapa kali ya,biasa saya gunakan juga untuk bumbu nasi briyani atau masakan india dan masakan arab lainnya. (Foto disamping untuk ukuran ketumbar 2 sdm dan jintan 1 sdm, sedang rempah lainnya jumlah sesuaikan seperti difoto, caranya yaitu sangrai semua rempah jadi satu lalu blender dry mill sampai halus, kalo tidak punya blender dry mill ditumbuk sampai halus jg bisa.)


2. Daun Kari / Kari pata


3. Tumis bawang merah cincang hingga layu,masukkan bawang putih dan jahe yg sudah dihaluskan serta daun Kari nya tumis hingga harum


4. Masukkan potongan ayam,aduk rata biarkan hingga berubah warna, dan ayam mengeluarkan sedikit air dengan sendirinya (pakai api kecil)


5. Masukkan potongan kentang, aduk rata sekitar 5 menit


6. Masukkan rempah masala, cabe bubuk, merica, kunyit,jintan ketumbar, garam, gula, penyedap aduk rata (tetap pakai api kecil ya)


7. Masukkan pasta tomat, aduk rata (abaikan langkah ini jika tdk punya pasta tomat)


8. Masukkan potongan tomat aduk rata lalu tutup panci nya masak dgn api kecil biarkan hingga tomat layu dan mengeluarkan air.


9. Seperti ini. (Jika suka pedas masukkan irisan cabe)


10. Lalu tambahkan air, biarkan masak hingga mendidih, jika sudah mendidih kecilkan api dan tutup panci nya biarkan hingga daging ayam dan kentang masak dan empuk, serta air menyusut.


11. Test rasa, kental encernya kuah sesuaikan selera ya.


12. Aku suka yg agak kental begini


13. Sajikan dgn Chapati / roti maryam / roti pita atau juga nasi putih hangat.


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep kari ayam India sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Cukup mudah untuk diikuti kan Bunda? Untuk takaran porsi dan rasa bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selera Bunda di rumah ya, dari bahan yang udah ada bisa ditambah ataupun dikurang. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber