Berlangganan

Resep Kacang Bawang Gurih Dan Renyah. Cocok Buat Cemilan Sehari-hari



Lebaran ataupun hari-hari besar memang identik dengan sajian makanan ataupun cemilan di rumah. Sebagai ibu rumah tangga, tentunya Bunda juga harus mempersiapkan sajian di rumah dong. Banyak banget jenis kue ataupun jajanan yang bisa disajikan ketika hari raya, salah satunya adalah kacang goreng.

Rasanya udah dari dulu kalau kacang goreng ini jadi suguhan ketika hari raya. Bahkan mungkin beberapa dari Bunda mewajibkan suguhan kacang goreng ini ada. Tapi kadang, banyak juga rasa kacang goreng yang kurang pas dan kurang enak ketika dimakan. Maka dari itu, Bunda bisa coba bikin resep kacang bawang gurih untuk sajian hari lebaran.

Kenapa kacang bawang? Jadi selama ini kacang goreng yang punya aroma atau rasa bawang memang lebih gurih dan banyak peminatnya. Jadi pasti cocok banget kalau disajikan ketika hari lebaran atau untuk cemilan sehari-hari. Sebenarnya enggak cuma buat hari lebaran aja sih, sajian kacang goreng rasa bawang ini juga bisa disajikan ketika Bunda punya hajatan. Pasti para tamu undangan banyak yang suka deh. Daripada harus beli, mending Bunda bikin resep kacang bawang gurih sendiri di rumah yang rasanya bisa disesuaikan dengan selara dan pasti lebih enak deh. Kalau memang banyak peminatnya, nanti bisa dijual ketika momen lebaran akan datang Bunda, lumayan untuk tambahan penghasilan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kacang goreng rasa bawang ini enggak banyak kok, dan lagi gampang dicari di sekitar kita. Untuk langkah membuatnya juga lumayan cepat, jadi enggak bikin kuwalahan. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep kacang bawang gurih sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 2 kg kacang tanah kupas
  • 20 siung bawang putih (haluskan)
  • 5 sdm garam (sesuai selera)
  • 1 bks Royco rasa ayam
  • 1 sdt ketumbar bubuk
  • 300 ml Santan
  • 1 lt Air (disesuaikan sampai kacang terendam semua)

Pelengkap :

  • 5 siung bawang putih (di iris)

Langkah Membuat:

1. Cuci bersih kacang kupas yang baru dibuka dari kemasan, bilas sampai air agak bening. Lalu tiriskan

2. Siapkan panci rebus air, masukan bawang putih yg sudah di haluskan, garam, royco, ketumbar bubuk

3. Setelah panas masukan kacang kupas yg telah di cuci dan masukan santan

4. Masak sampai air mendidih saja. Jangan terlalu lama


5. Matikan kompor biarkan sampai dingin

6. Panaskan minyak, goreng bawang putih yg sudah di iris (jangan sampai gosong ya) angkat tiriskan

7. Selanjutnya tiriskan kacang yg sudah dingin kemudian goreng sampe warnanya kuning keemasan

8. Biarkan dingin


9. Campur bawang putih iris yg sudah di goreng dengan kacang yg sudah matang


10. Kacang bawang renyah untuk hari raya sudah siap di nikmati


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep kacang bawang gurih sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Sederhana dan enggak ribet kan Bunda? Soal takaran rasa dan takaran porsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga selera Bunda dari bahan yang udah ada, jadi bisa ditambah ataupun dikurangi takaran bahannya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber