Berlangganan

Resep Ikan Kerapu Crispy Pedas. Bisa Buat Cemilan atau Lauk yang Lezat!



Indonesia termasuk salah satu Negara yang punya banyak kekayaan lautnya nih Bunda. Enggak heran kalau di Indonesia beberapa masakan dengan menggunakan bahan ikan laut enggak sedikit. Salah satunya ada ikan kerapu yang juga terkenal. Bahkan di beberapa daerah ikan kerapu ini gampang banget dicari, jadi sering jadi olahan masakan para Bunda di rumah.

Nah, Bunda bisa coba bikin resep ikan kerapu crispy dan pedas yang rasanya benar-benar enak dan menagihkan nih Bunda. Masakan ini emang udah sering banget ada di Indonesia dan mungkin jadi menu makanan favorit keluarga di rumah.

Masak ikan kerapu crispy pedas memang bisa jadi sajian yang spesial untuk keluarga di rumah. Apalagi beberapa bahan yang digunakan juga gampang dicari, jadi enggak bikin ribet Bunda. Keluarga di rumah pasti ngerasa spesial kalau Bunda masak ikan kerapu crispy ini. Selain bisa dimasak buat sajian menu makan di rumah, ternyata bisa juga dipaka untuk cemilan dengan saos loh Bunda. Rasanya tetap enak kok. Untuk acara hajatan presmanan juga bisa digunakan menu ini, pasti banyak para tamu yang suka dengan resep ikan kerapu crispy dan pedas buatan Bunda. Daripada membeli, lebih irit dan enak kalau seandainya Bunda bikin sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang digunakan buat masak ikan krapu crispy pedas ini enggak susah dicari di sekitar kita kok Bunda. Enggak cuma itu, tapi langkah yang digunakan juga enggak terlalu ribet dan masih bisa diikuti. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep ikan kerapu crispy dan pedas sendiri di rumah yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

  • 250 gram ikan kerapu/ikan lainnya (pkai yg fillet biar ga ribet
  • 1 butir telur (kocok)

A). Bumbu untuk me marinated:

  • 4 butir bawang putih (haluskan)
  • 1 sdm vinegar (bisa pakai perasan jeruk nipis/lemon)
  • 1/4 sdt kunyit bubuk(atau sesuaikan selera)
  • 1/4 sdt merica bubuk(atau sesuaikan selera)
  • 1/2 sdt ketumbar bubuk (atau sesuaikan selera)
  • 1/2 sdt cabe bubuk (atau sesuaikan selera)
  • 1/2 sdt garam (atau sesuaikan selera)
  • Secukupnya penyedap

B).Untuk tepung crispy:

  • 100 gram tepung terigu
  • 30 gram tepung maizena
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt garam (peres alias tidak munjung atau tidak penuh)
  • 1 sdt cabe bubuk (atau sesuaikan selera)
  • 1/2 sdt bawang putih bubuk (skip jika tdk punya)

Langkah Membuat:

1. Potong ikan sesuai selera, saya potong dadu.

2. Marinated dgn bumbunya, masukkan ke kulkas 1 jam.


3. Sesudah 1 jam keluarkan ikan yg sudah di marinated tadi, masukkan telur kocok kedalamnya aduk rata,.sisihkan


4. Diwadah lain Campur semua bahan untuk tepung crispinya aduk rata (NOTE= tanpa air ya)


5. Sementara menunggu minyak panas untuk menggoreng.

6. Masukkan potongan ikan tadi kedalam wadah yg berisi tepung crispy tadi, aduk aduk ratakan, kalo aku, sambil dicubit agar sedikit keriting.

7. Masukkan ikan dalam minyak yg sudah panas digoreng hingga matang keemasan, aku gorengnya dgn api sedang.


8. Sajikan dgn Nasi putih hangat, atau kentang goreng, buat lauk ok, buat cemilan dgn cocolan saos sambal juga oke


Nah, itulah beberapa langkah dan bahan buat bikin resep ikan kerapu crispy dan pedas sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Sederhana dan simpel kan Bunda? Untuk takaran porsi dan rasa bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga selera Bunda. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber