Berlangganan

Resep Gulai Kambing Khas Semarang. Lezat Dan Empuk. Yummyy Banget!



Bunda pasti udah pernah dengar makanan gulai kan? Makanan ini umum banget di Indonesia dan hampir di seluruh daerah Indonesia ada. Masakan dengan bahan baku daging yang diolah menggunakan kuah bumbu rempah ini emang punya citarasa yang gurih. Biasanya makanan ini punya ciri khas bumbunya yang kaya rempah kayak kunyit, ketumbar, lengkuas, jahe, dan beberapa yang lainnya juga. Banyak banget jenis gulai yang bisa dicoba, ada gulai ayam, sapi, kambing, jeroan, dan masih banyak yang lainnya.

Biasanya gulai di setiap daerah bervariasi, termasuk juga daerah Semarang yang punya citarasa gulai yang khas dan enak. Bunda bisa kok coba resep gulai kambing khas Semarang sendiri di rumah.

Emang hampir semua masakan gulai di nusantara enggak jauh beda dan pasti menggunakan rempah yang banyak. Tapi kalau Bunda coba masakan gulai dari Semarang pasti ketagihan. Enggak perlu juga ke Semarang terus setiap kali Bunda dan keluarga sedang ingin makan gule. Soalnya bisa juga dibikin di rumah sendiri, bahkan jauh lebih irit loh Bunda. Bukan untuk keluarga saja, gulai ini juga bisa Bunda suguhkan ketika sedang ada hajatan di rumah. Dijamin pasti banyak tamu yang suka dengan resep gulai kambing khas Semarang yang Bunda buat di rumah.

Bahan-bahan yang dipakai gulai Semarang ini sebenarnya sama aja kok Bunda dengan gulai yang lainnya. Bahannya juga gampang banget dicari di pasar. Langkah bikinnya enggak makan waktu terlalu banyak dan bisa Bunda lakukan kapan pun. Berikut ini ada langkah sama bahan buat bikin resep gulai kambing khas Semarang di rumah sendiri.

Bahan-bahan:

  • 500 gr Daging Kambing rebus dengan 1 liter air sampe empux
  • 200 ml Santan kental /sesuai selera
  • 2 batang Serai memarkan
  • 3 lembar Daun Salam
  • 4 helai Daun jeruk purut
  • Cabe rawit merah biarkan utuh
  • 2 butir Cengkeh
  • 1 batang Kayu manis

Bumbu halus :

  • 5 siung Bawang Merah
  • 4 siung Bawang Putih
  • 6 butir Kemiri sangrai
  • 1 sdt Jinten
  • 2 cm Kunyit
  • 1 cm Jahe
  • 2 cm Lengkuas
  • 1 sdt Ketumbar
  • sesuai selera Merica,Pala,Garam,Gula,Kaldu bubuk

Langkah Membuat:

1. Presto daging kambing dengan daun salam,serai,daun jeruk dan lain2 sampai empuk. - Masukkan santan aduk2 terus dalam api sedang Note : boleh juga buang 1/4 air rebusan diganti air biasa jika dirasa terlalu 'prengus'.tapi kalo aku tetep takpake air rebusannya semua,trus tak tambah air soale suami suka kuah.


2. Tumis bumbu halus sampai harum banget,masukkan tumisan bumbu ini ke dalam rebusan daging tadi ya.. Rebus lagi sampai santan meresap


3. Tambahkan cabai rawit merah utuh,lalu kasi merica pala garam gula kaldu bubuk sesuai selera yaa TEST Rasa sebelum diangkat. - untuk masalah sedikit/banyaknya kuah tinggal disesuaikan selera ya.


4. Lanjut Bun


5. Yummy bangett sama nasi putih hangattt :)


6. Sepertinya kalo di tempat lain gulainya banyak yang merah ya.tapi kalo di semarang sini,gule kambing selalu berkuah kuning..bahkan ada yang kuning pucat banget kayak opor gitu..xixixixi


7. Suami selalu request daging harus sangat juicy+empuk..jadi gampang lepas dari tulangnya..


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah bikin resep gulai kambing khas Semarang sendiri di rumah. Sederhana masaknya, tapi rasanya enak banget sampai bikin ketagihan keluarga di rumah. Untuk takaran porsi sama rasa bisa disesuaikan sesuai kebutuhan dan selera Bunda ya. Semoga bermanfaat Bunda, selamat mencoba dan terima kasih.

Sumber: