Berlangganan

Resep Es Gabus Pelangi Segar. Simpan Di Freezer dan Bisa Dinikmati Kapanpun Juga!



Jajanan anak menjadi salah satu hal yang penting untuk diperhatikan orang tua, tentunya para Bunda biasanya yang lebih sering memperhatikan jajan yang dimakan anak. Nah, Bunda mungkin juga udah sering tahu tentang es gabus yang menjadi salah satu jananan anak di sekolah bahkan juga di sering dijual di sekitar rumah. Es gabus sendiri merupakan jajanan yang udah dari dulu ada dan sukai para anak-anak. Sebenarnya es gabus ini dibuat dari bahan tepung hun kwee, susu atau santan, dan beberapa bahan lainnya.

Namanya jadi es gabus karena bentuknya memang kayak gabus. Tapi karena perkembangan jaman, sekarang ini banyak warna yang bisa digunakan dan bikin anak tambah suka. Bunda bisa bikin resep es gabus pelangi yang enak dan segar sendiri loh.
Nah, daripada harus kasih anak jajan di luar yang Bunda sendiri enggak tahu bahan pembuatannya benar-benar sehat apa enggak, mending coba bikin es gabus sendiri di rumah Bunda. Pasti anak-anak juga suka, dan jauh lebih irit. Enggak cuma irit kok, Bunda juga bisa bikin es gabus ini jauh lebih enak sesuai dengan selera Bunda loh. Resep es gabus pelangi ini juga gampang buat dibikin di rumah. Bisa jadi peluang bisnis juga loh Bunda, lumayan untuk tambahan pemasukan Bunda di rumah.

Bahan-bahan yang digunakan benar-benar gampang dicari di sekitar kok Bunda. Terus langkah bikinnya juga enggak ribet dan makan banyak waktu, enggak bikin capek juga. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep es gabus pelangi sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 150 gr tepung hun kwee
  • 750 ml santan/susu (me susu)
  • 200 gr gula pasir
  • Sedikit garam
  • sesuai selera Pewarna makanan
  • (Me pakai pewarna merk hakiki)
  • Pink
  • Kuning muda
  • Hijau muda
  • Biru muda
  • Ungu

Langkah Membuat:

1. Campurkan tepung hun kwee, gula pasir, garam dan santan/susu. Aduk rata.


2. Bagi menjadi 5 bagian, lalu beri warna.


3. Masak 1 bagian dengan api kecil, sambil diaduk2 hingga meletup-letup. Matikan api ketika adonan sudah mengental.


4. Lalu tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dialasi plastik tebal. Ratakan dan sisihkan. Sementara menunggu lapisan dingin, masak adonan berikutnya. Kemudian tuang adonan di atas adonan yang sebelumnya. Ulangi terus sampai sampai selesai.


5. Biarkan adonan padat di suhu ruang selama kurang lebih 30 menit. Lalu simpan di dalam kulkas selama 15 menit (bukan freezer), supaya mudah dipotong.


6. Potong adonan


7. Bungkus dengan plastik, lalu masukan ke dalam freezer hingga beku


8. Enjoooyy


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep es gabus pelangi sendiri di rumah yang enak dan segar. Gampang diikuti kan Bunda? Untuk takaran porsi dan rasa, sesuaikan dengan kebutuhan juga selera Bunda ya, jadi takaran bisa ditambah ataupun dikurangi. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber