Berlangganan

Resep Bubur Sumsum Lembut Dan Yummy. Buat Lansia Dan Anak-Anak



Bubur sumsum mungkin udah sering Bunda dengar namanya, atau bahkan Bunda juga udah pernah cobain. Rasanya yang enak ini bisa Bunda hadirkan resep bubur sumsum lembut di rumah loh. Bubur sumsum jadi makanan yang teksturnya menyerupai bubur dengan warna putih dan dimakan dengan kuah yang manis dan biasanya dibuat dari bahan gula merah nih Bunda.

Untuk bubur sumsumnya sendiri dibuat dari tepung beras. Makanan ini udah enggak asing banget di Indonesia ataupun di Malaysia. Memang kurang tahu darimana bubur sumsum ini berasal, soalnya di Negara tetangga juga cukup populer loh. Kenapa namanya sumsum? Karena memang penampilannya lebih seperti tulang sumsum Bunda.

Kalau mau bikin bubur sumsum ini di rumah, pasti anak-anak, suami suka deh Bunda. Bahkan juga cocok buat lansia. Soalnya rasanya manis dan lembut, jadi bisa bikin ketagihan. Cocok banget dikasih waktu cuaca lagi dingin kayak musim hujan dan dinikmati dengan keluarga sembari nonton TV. Tapi kalau Bunda mau disuguhkan untuk menu tambahan ketika hajatan juga enggak masalah loh. Karena bubur sumsum ini udah banyak diketahui banyak orang, jadi udah enggak asing dan bikin para tamu undangan tertarik buat coba menu unik ini. Daripada harus beli, mending Bunda bikin resep bubur sumsum lembut sendiri di rumah yang ternyata jauh lebih irit dan lebih enak soalnya rasanya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda.

Bahan-bahan yang dipakai buat bikin bubur sumsum ini gampang banget Bunda dicari di sekitar kita. Terus langkah bikinnya juga enggak ribet kok. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep bubur sumsum lembut sendiri di rumah yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

  • 50 gr tepung beras rose brand
  • 500 ml santan
  • 1 lembar daun pandan
  • 1/4 sdt garam

Bahan Kuah Kinca

  • 150 gr gula merah
  • 150 ml air putih
  • 1 lembar daun pandan
  • secukupnya garam

Langkah Membuat:

1. Campur rata tepung beras dengan setengah bagian santan. Sisihkan

2. Masak sisa santan yg tadi dengan garam+daun pandan, sampai mendidih

3. Setelah mendidih, kecilkan api. Masukkan larutan tepung beras, masak sampai matang (sambil diaduk terus.)


4. Kuah kinca : Rebus semua bahan, hingga mendidih lalu saring.


5. Sajikan bubur sumsum dengan siraman kuah kinca. Hmm nyummyy


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep bubur sumsum lembut sendiri di rumah yang bisa dicoba Bunda. Sederhana dan gampang kan Bunda? Untuk porsi dan rasa, Bunda bisa sesuaikan bahan dengan selera dan kebutuhan Bunda ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber