Berlangganan

Resep Banana Chiffon Cake Lembut Tanpa Baking Powder. Dijamin Nggak Bantat



Belakangan ini banyak banget makanan baru yang populer, hampir semua makanannya memang berasal dari luar negeri. Sekalipun begitu, Bunda juga enggak boleh ketinggalan buat tahu informasi ter-update tentang makanan ataupun kue yang sedang nge-trend. Salah satunya ada resep banana chiffon cake yang juga terkenal dan banyak disukai.

Sebenarnya banana chiffon cake ini hampir sama dengan kue bolu kok Bunda, cuma teksturnya lebih lembut dan rasanya lebih enak. Bahan-bahan yang dipakai juga enggak jauh beda dari kue bolu, teknik memasaknya juga pakai dipanggang. Jadi kalau mau bikin sendiri di rumah rasanya lebih irit dan lebih enak daripada harus beli di toko kue.

Bentukan awal dari banana chiffon cake ini sama seperti bolu, jadi tetap bisa menggunakan loyang yang biasanya digunakan untuk bikin bolu. Kemudian bisa dipotong dan disajikan untuk keluarga di rumah, pasti banyak yang suka karena rasanya memang enak dan lembut. Enggak cuma bisa disajikan buat keluarga di rumah, tapi Bunda juga bisa kasih buat sajian acara hajatan. Banyak tamu yang suka dengan resep banana chiffon cake buatan Bunda. Kalau berjalan lancar bikinnya, Bunda juga bisa loh terima pesanan dari teman ataupun tetangga. Lumayan untuk penghasilan tambahan tanpa harus meninggalkan rumah.

Bahan-bahan yang digunakan enggak banyak dan gampang banget dicari di sekitar kita loh Bunda, soalnya memang hampir sama kayak bikin bolu biasanya. Terus langkah bikinnya juga enggak terlalu lama dan bikin capek. Berikut ini ada bahan sama langkah yang bisa Bunda coba buat bikin resep banana chiffon cake sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

Bahan A:

  • 4 buah kuning telur
  • 60 ml susu cair
  • 60 ml minyak sayur
  • 50 gram pisang, (1 buah kecil) haluskan
  • 1/4 sdt garam
  • 100 gram tepung terigu serba guna (segitiga)

Bahan B:

  • 4 buah putih telur
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 100 gram gula kastor (bisa pakai gula pasir biasa

Langkah Membuat:

1. Siapkan semua bahan


2. Masukkan kuning telur, susu cair dan minyak aduk rata tambahkan tepung sambil di ayak, aduk rata


3. Tambahkan pisang lumat aduk rata


4. Mixer putih telur dengan air jeruk nipis sampai berbusa tambahkan gula sedikit demi sedikit sampai habis. mixer sampai stiff peak, puncaknya kaku jika pegangan mixer diangkat


5. Masukkan secara bertahap kocokan putih telur kedalam adonan kuning telur, aduk balik sampai rata hati2 jangan over mix


6. Siapkan loyang chiffon diameter atas 20cm dan diameter bawah 14cm tanpa di oles apapun. Tuang adonan, hentakkan 4-5 x tujuan agar udara yang terperangkap di adonan hilang dan tekstur chiffon jadi rapet g bolong2 besar


7. Panggang selama 50-60 menit dengan suhu 160 derajat celcius. Keluarkan dari oven langsung telungkupkan selama kurang lebih satu jam atau sampai dingin


8. Keluarkan dari loyang dengan cara di sisir bagian pinggir2 nya (cara mengeluarkan nya bisa lihat gambar sy di resep “strawberry chiffon cake”)


9. Lentur banget


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep banana chiffon cake sendiri di rumah yang bisa dicoba. Cukup gampang dan sederhana kan Bunda? Takaran bahannya bisa dikurangi sesuai selera dan kebutuhan Bunda di rumah. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber