Berlangganan

Resep Ayam Kuah Kemangi Krispi. Aromanya Bikin Perut Keroncongan



Masak menu makanan untuk keluarga mungkin bagi beberapa Bunda udah bukan hal yang asing lagi ya. Tapi pasti Bunda juga pernah merasa bingung nih mau masak menu yang spesial buat keluarga tapi enggak tahu menu yang harus dipilih apa.

Sebenarnya, di Indonesia sendiri udah banyak banget nih Bunda menu masakan yang bisa dicoba di rumah. Misalnya saja resep ayam kuah kemangi yang rasanya mantap dan aromanya khas. Masakan ini gampang banget ditemukan di beberapa daerah di Indonesia. Tapi daripada harus beli, rasanya kalau bikin sendiri di rumah jauh lebih mantap kan Bunda.

Bunda udah faham dong sama daun kemangi yang sering banget dijadikan bahan lalapan. Daun kemangi ini punya aroma yang khas dan segar loh Bunda. Jadi kalau masakan ayam dipadukan dengan kamangi dan beberapa bumbu lainnya, pasti rasanya jauh lebih enak ya Bunda. Keluarga di rumah pasti lahap banget makannya. Enggak cuma buat keluarga di rumah aja sih, resep ayam kuah kemangi ini juga cocok loh Bunda jadi menu sajian ketika ada hajatan di rumah. Jadi Bunda bisa kasih model kayak prasmanan gitu, dan para tamu undangan pasti suka banget sama menu buatan Bunda ini.

Bahan-bahan yang dipakai buat masaka ayam kuah kemangi gampang dan mudah dicari di pasar ataupun tukang sayur. Langkah buat bikinnya juga sederhana kok Bunda. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep ayam kuah kemangi sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan:

  • 250 gram Ayam fillet iris tipis2 kecil
  • 2 siung Bawang putih, geprek
  • 2 lembar Daun jeruk
  • 1 batang Serai, geprek
  • 750 ml Air
  • 1 buah Tomat, potong2
  • 10 buah Cabe rawit merah utuh
  • 1 sdt Royco rasa ayam
  • 1 sdt Garam
  • 1/2 sdt Gula pasir
  • Semangkuk Daun kemangi

Bumbu halus :

  • 4 siung Bawang merah
  • 5 buah Cabe merah keriting
  • 5 buah Cabe rawit merah

Bahan pelapis :

  • 9 sdm munjung Terigu serbaguna
  • 1 1/2 sdm Tepung tapioka
  • 1 1/2 sdt Garam
  • 1 1/2 sdt Royco rasa ayam
  • 1/2 sdt Merica bubuk
  • Secukupnya Air es

Langkah Membuat:

1. Campur rata bahan pelapis kecuali merica & air es, ambil 1/3 bagian beri merica bubuk dan air es aduk rata. Rendam ayam beberapa saat sambil menyiapkan bumbu lain


2. Ambil 1/1 ayam balur dg tepung bumbu kering


3. Goreng smp matang


4. Tumis bumbu halus dan bawang putih sampai harum, masukkan daun jeruk dan serai (jika suka bisa ditambah seruas jahe geprek), tumis sampai matang


5. Tuang air, masukkan tomat dan cabe rawit utuh, beri Royco rasa ayam supaya makin mantab rasanya, garam dan gula pasir. Masak sampai mendidih, test rasa


6. Masukkan daun kemangi, aduk rata, kucuri air jeruk nipis, matikan api.Penyajian : tata ayam krispi di mangkuk siram kuah kemangi, sajikan hangat


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep ayam kuah kemangi sendiri di rumah yang bisa dicoba. Sederhana dan gampang buat diikuti kan Bunda? Porsi dan rasa bisa disesuaikan dari bahan yang udah ada sesuai selera dan kebutuhan Bunda. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber