Berlangganan

Resep Usus Ayam Bumbu Kuning Tanpa MSG. Harum. Bikinnya Gampang Banget!



Menyajikan makanan untuk keluarga tentu udah jadi kewajiban Bunda dong selaku ibu rumah tangga. Memang sih, biasanya sedikit susah buat menentukan menu masakan apa yang bisa digunakan sebagai menu sajian untuk keluarga. Tapi sebenarnya banyak kok masakan yang bisa dicoba, bahkan masakan usus ayam yang biasanya di jual di warung makan juga bisa dicoba untuk disajikan di rumah loh Bunda.

Resep usus ayam bumbu kuning bisa jadi salah satu menu sajian yang juga spesial buat keluarga Bunda di rumah. Kalau coba masak menu baru tentunya keluarga pasti suka dan semakin senang makan di rumah. Momen kumpul dengan keluarga rasanya akan makin sempurna.

Usus ayam bumbu kuning sebenarnya masakan yang sederhana dan bisa dijumpai dimanapun Bunda. Makanan ini memang umum banget, tapi kalau Bunda bikin sendiri di rumah rasanya pasti jauh lebih spesial kan? Dengan bahan-bahan yang sederhana Bunda udah bisa kasih sajian yang mantap buat keluarga di rumah. Bahkan menu ini juga bisa disajikan ketika ada acara besar loh Bunda, misalnya saja ketika momen hari raya dimana keluarga dan teman semuanya berkumpul di rumah. Nah, salah satu menu yang bisa Bunda sajikan ada resep usus ayam bumbu kuning yang simpel dan enak. Bahkan Bunda juga bisa memasaknya tanpa menggunakan penyedap ataupun MSG yang bisa dibilang kurang baik untuk kesehatan tubuh.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat usus ayam bumbu kuning sebenarnya sederhana dan enggak banyak Bunda, gampang juga dicari di sekitar kita. Terus kalau masalah langkah membuatnya juga enggak ribet kok Bunda. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep usus ayam bumbu kuning tanpa menggunakan MSG di rumah yang bisa diikuti.

Bahan-bahan:

  • 1 kg usus ayam
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdm garam
  • 5 lembar daun salam
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 20 buah buncis (potong serong)
  • Secukupnya air (untuk merebus)
  • Secukupnya minyak goreng (untuk menumis)

Bumbu halus :

  • 8 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 3 ruas kunyit
  • 2 ruas jahe

Bumbu lainnya :

  • 5 lembar daun salam
  • 5 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai (memarkan)
  • 1 ruas lengkuas (memarkan)
  • 5 buah cabai merah (iris serong)
  • 5 buah cabai rawit merah (iris serong)
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya gula pasir (aku pakai gula tropicana 1 sachet)
  • Secukupnya kaldu jamur bubuk

Langkah Membuat:

1. Cuci usus dengan air mengalir agar semua kotorannya langsung terbuang sampai benar-benar bersih lalu lumuri dengan garam dan perasan jeruk nipis, diamkan sejenak. Didihkan air beserta daun salam dan serai rebus usus kurang lebih 15 menit, tiriskan lalu potong lebih pendek.


2. Rebus buncis sampai setengah matang, tiriskan. Tips agar buncis tidak berubah warna: beri garam sedikit pada saat merebus, angkat lalu segera rendam sebentar dengan air dingin, tiriskan.

3. Siapkan bumbu-bumbunya. Tumis bumbu halus, lalu masukkan daun salam, daun jeruk, serai dan lengkuas, tumis hingga harum.


4. Masukan usus ayam, buncis dan irisan cabai masak hingga layu, tambahkan sedikit air, secukupnya garam, gula dan kaldu jamur, masak hingga matang, koreksi rasa. Siap dihidangkan.


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep usus ayam bumbu kuning sendiri di rumah Bunda. Benar-benar gampang dan simpel kan? Untuk takaran rasa dan porsi bisa disesuaikan sama selera Bunda di rumah ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber