Berlangganan

Resep Somay Ikan. Enak. Empuk. Endees Pokoknya!



Bunda pasti udah enggak asing lagi dong dengan makanan somay di Indonesia? Somay memang salah satu jenis makanan yang sering dijual oleh pedagang kaki lima di pinggir jalan. Tapi mungkin banyak yang enggak tahu juga, kalau ternyata somay ini sebenarnya salah satu jenis dim sum atau makanan yang aslinya dari China.

Kalau somay asli dari China makanannya dibuat dari daging babi cincang yang juga dibungkus dengan kulit tipis dari terigu. Berbeda dengan somay yang ada di Indonesia, dengan menggunakan kulit pangsit biasanya isi yang digunakan adalah daging ikan, udang, dan juga ayam. Nah, salah satunya Bunda bisa coba buat bikin resep somay ikan yang enak dan empuk di rumah.

Somay ini biasanya juga disajikan dengan menggunakan bahan tambahan seperti telur ayam dan sayuran untuk diberi bumbu kalau di Indonesia. Nah, makanan somay ini paling cocok sekali disajikan untuk acara keluarga. Momennya pasti terasa hangat kalau menggunakan resep somay ikan yang empuk dan enak sebagai sajiannya. Anak-anak dan sanak saudara di rumah pasti senang dimasakkan Bunda somay ikan, apalagi kalau momennya tepat seperti hari raya, natal, atau acara arisan keluarga. Selain itu, Bunda juga bisa kok membuatnya sebagai peluang usaha untuk menambah penghasilan di rumah.

Bahan yang digunakan untuk membut somay ikan benar-benar gampang dan enggak banyak kok Bunda. Terus langkah membuatnya juga cukup simpel dan enggak makan banyak waktu, jadi enggak bikin capek. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep somay ikan yang enak dan empuk di rumah.

Bahan-bahan:

  • 350 gr ikan yg sudah dihaluskan
  • 3 sdm tepung kanji
  • 1 sdt bawang putih halus
  • 2 btg daun bawang iris
  • 2 btr putih telur
  • 3 sdm parutan labu siam (sy pakai wortel)
  • secukupnya garam, gula, merica

Langkah Membuat:

1. Haluskan ikan


2. Campurkan semua bumbu dan tepung kedalam ikan. Aduk rata


3. Adonan siomay yg sudah siap dibentuk dan kukus


4. Bentuk adonan siomay dg bantuan sendok. Sy ga pake kulit siomay. Langsung ceplok2in aja adonan siomay nya ke kukusan. Kasih minyak kukusan nya spy siomay ga lengket di kukusan. Ga punya tahu, kol cm ada kentang. Ya ud pake kentang aja, kukus kurang lebih 15 mnt paling lama


5. Angkat siomay yg telah matang. Siomay siap dinikmati dg saus kacang. Saus kacang nya sy ga foto bikinnya cm kacang tanah di sangrai trus tumbuk. Tumis bawang putih dan cabe sampai wangii, masukkin kacang tanahnya kasih air, garam, gula


6. Tuh liat siomay nya. Kelihatan enaak banget kan, bener2 endeeeess rasanya


Nah, itulah bahan dan langkah bikin resep somay ikan sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti. Hasilnya yang enak dan empuk pasti bikin ketagihan untuk membuatnya lagi. Untuk takaran porsi dan takaran rasa dari bahan yang udah ada bisa ditambah ataupun dikurangi sesuai dengan kebutuhan juga selera Bunda ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber