Berlangganan

Resep Serundeng Tongkol Pedas. Bikin Balik Selera Makan Keluarga



Lagi ada yang males makan nih di rumah? Nah, waktunya bikin balik selera makan keluarga deh! Bunda bisa kok cobain bikin serundeng tongkol pedas yang super hot. Serundeng merupakan salah satu makanan khas dari Indonesia yang mungkin para Bunda udah enggak asing lagi nih.

Serundeng ini sering digunakan untuk teman makan. Dibuatnya dari parutan kelapa yang digoreng sampai warnanya kuning kecoklatan dan juga ditambahkan dengan beberapa bumbu masakan biar rasanya lebih enak. Bumbu yang digunakan juga beragam seperti bawang Bombay, cabai, ketumbar, dan masih banyak lainnya. Rasa serundeng yang khas memang sangat cocok untuk digunakan sebagai teman makan.

Tapi Bunda tahu enggak kalau ternyata serundeng ini bisa dikombinasikan dengan bahan lainnya. Misalnya saja resep serundeng tongkol pedas yang rasanya enak banget. Dengan ditambahkan bahan tongkol didalamnya, rasa serundeng memang jauh lebih mantap.

Kalau mau bikin serundeng tongkol ini memang paling enak dengan rasa pedas Bunda. Tapi buat keluarga Bunda yang enggak suka pedas ya boleh lah menyesuaikan rasanya. Cocok banget jadi teman makan untuk keluarga di rumah. Pasti makannya juga enggak bakalan bosen kalau ada resep serundeng tongkol pedas di rumah. Sekalipun ada tambahan tongkol tapi rasa kelapa pada serundeng ini juga masih terasa kok Bunda. Jadi memang benar-benar menggoda untuk dinikmati bersama keluarga. Bisa juga dikemas untuk dijual, kan lumayan untuk tambahan penghasilan keluarga tanpa harus meninggalkan rumah Bunda.

Bahan yang digunakan untuk membuat serundeng tongkol ini sebenarnya enggak jauh beda kayak bikin serundeng biasanya, gampang banget dicari. Kalau untuk langkah membuatnya juga enggak ribet dan makan banyak waktu kok, jadi enggak bakalan bikin Bunda ngerasa capek. Berikut ini bahan sama langkah yang bisa diikuti Bunda buat bikin resep serundeng tongkol pedas sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 425 gram Ikan tongkol pindang
  • 150 gram Kelapa parut
  • 2 lembar Daun salam
  • 5 lembar Daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1 batang Serai, geprek
  • 1 sdt Garam
  • 1 sdt Kaldu bubuk
  • Secukupnya Merica bubuk

Bumbu halus :

  • 6 siung Bawang merah
  • 4 siung Bawang putih
  • 7 buah Cabe merah keriting
  • 10 buah Cabe rawit merah
  • 2 ruas Kunyit
  • 1 sdt Ketumbar

Langkah Membuat:

1. Cuci bersih tongkol pindang. Saya menggunakan tongkol besar, krn entah knp kalau makan yg kecil2 keranjangan kurang cocok suka gatal2 di mulutnya hehee


2. Suwir2 tongkol sesuai selera mau besar2 atau halus, lalu goreng setengah matang dg minyak tdk terll banyak, tiriskan.


3. Tumis bumbu halus smp harum.


4. Masukkan salam, daun jeruk, serai, aduk smp layu


5. Masukkan kelapa, aduk rata bbrp menit


6. Terakhir masukkan tongkol, aduk rata, tambahkan garam, kaldu bubuk, merica bubuk. Masak sambil diaduk smp bumbu merata dan matang dg kekeringan sesuai selera.


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep serundeng tongkol pedas sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti. Rasanya pasti enak dan spesial karena Bunda bikin sendiri di rumah. Untuk menyesuaikan takaran porsi dan rasa, bahan yang udah ada bisa ditambahkan atau dikurangi ya Bunda. Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber