Berlangganan

Resep Sambalado Hijau Mantah. Rasanya Nendang Banget!



Bunda udah pernah nyoba masak sambalado untuk menu makan keluarga di rumah? Bagi Bunda yang belum tahu, sambalado ini sebenarnya salah satu masakan khas Nusantara yang banyak digemari oleh para Bunda soalnya rasanya memang enak.

Sambalado ini sebenarnya dari Padang dan cukup terkenal juga kok dibeberapa daerah lainnya. Enggak heran kalau ada yang bilang sambalado Jawa ataupn sambalado Medan, mungkin karena rasa sambalado disesuaikan dengan daerah masing-masing. Seperti yang kita tahu, kalau makanan Padang hampir semuanya enak, termasuk juga sambalado ini Bunda. Misalnya saja resep sambalado hijau mantah yang cocok banget buat jadi teman makan keluarga di rumah.

Salah satu yang khas dari sambalado ini ada bahan cabe yang banyak sekali buat bikin rasa yang lebih pedas Bunda. Nah, coba bikin sambalado hijau mantah sendiri di rumah rasanya enggak akan sia-sia, apalagi kalau keluarga Bunda pada suka makanan padas. Sambalado ini termasuk makanan favorit yang ada di Indonesia loh Bunda, dan biasanya dipadukan dengan beberapa bahan lainnya kayak daging, telur, atuapun ayam biar masakannya makin enak. Bunda juga bisa menyajikan resep sambalado hijau mantah untuk menu makanan hajatan, para tamu undangan yang suka pasti nafsu makannya bertambah deh. Kalau Bunda bikin sendiri, rasanya pasti lebih spesial dan juga lebih irit loh Bunda.

Bahan-bahan yang dipakai buat bikin sambalada hijau mantah ini sebenarnya sederhana dan enggak ribet kok Bunda, bisa ditemukan di sekitar kita dengan mudah. Langkah buat bikinnya juga enggak makan banyak waktu, jadi enggak capek. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep sambalado hijau mantah sendiri di rumah yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

  • 1 ons cabe hijau keriting
  • 8 butir bawang merah
  • 1 buah tomat hijau
  • Secukupnya minyak tanak/bisa di ganti minyak goreng
  • Secukupnya garam&kaldu jamur *penyedap bila suka

Langkah Membuat:

1. Uleg kasar cabe,bawang&tomat sebelum di uleg kucuri dulu dengan sedikit air perasan jeruk nipis beri garam


2. Salin ke wadah beri kaldu jamur&minyak tanak aduk rata tes rasa *bila tidak ada minyak tanak/minyak kelapa boleh di ganti dengan minyak sayur cuma rasa nya kurang nendang menurut saya


3. Sambalado hijau mantah siap di sajikan


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep sambalado hijau mantah sendiri di rumah yang bisa diikuti. Cukup sederhana dan mudah kan Bunda? Untuk takaran rasa pedas bisa diseuaikan dengan selera Bunda, porsinya juga bisa ditambah ataupun dikurang. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber