Berlangganan

Resep Roti Sarang Lebah Manis Dan Lembut. Cocok Untuk Teman Santai



Roti sarang lebah jadi salah satu jenis roti yang banyak disukai dan mungkin para Bunda juga termasuk yang suka dengan roti sarang lebah ini. Sebenarnya roti sarang lebah ini punya adonan yang menggunakan bahan-bahan hampir sama dengand beberapa bahan roti pada umumnya, cuma bentuknya saja yang membuat orang senang melihatnya.

Banyak yang bilang kalau roti sarang lebah ini asalnya dari Timur Tengah, jadi bukan kue asli dari Indonesia. Dikasih nama roti sarang lebah karena bentuknya seperti sarangnya lebah. Rasanya yang manis bikin banyak yang suka, biasanya cara makannya dengan cara disiram sirup gula biar rasanya jauh lebih enak. Bunda bisa loh coba bikin resep roti sarang lebah yang manis dan enak.

Roti sarang lebah ini bisa Bunda suguhkan untuk keluarga ketika sedang ada momen kumpul dihari libur. Jadi bisa ngobrol ataupun nonton TV ditemani roti sarang lebah ini. Enggak cuma itu, tapi roti sarang lebah ini juga cocok disuguhkan untuk para tamu loh Bunda. Pasti banyak yang suka soalnya memang rasanya enak dan khas. Di dalam roti sarang lebah ini ada isinnya seperti keju oles yang padat dan membuat rasanya jauh lebih enak. Resep roti sarang lebah ini bisa jadi sajian terbaik untuk tamu dan keluarga Bunda di rumah.

Bikinnya butuh beberapa bahan yang enggak susah dicari di sekitar kita kok Bunda. Enggak cuma itu, tapi langkah bikinnya juga enggak makan waktu lama, jadi Bunda enggak akan terasa terlalu capek kok. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep roti sarang lebah sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

Adonan:

  • 20 sdm tepung terigu
  • 130 ml sampai 150 ml susu segar hangat (bisa pakai air biasa)
  • 4 Sdm susu bubuk
  • 6 sdm gula halus / sesuaikan selera
  • 1/2 sdt garam halus/ sesuaikan selera
  • 1 sdt ragi (cek keaktifannya)
  • 1 butir telur
  • 3 sdm mentega

Isian:

  • Secukupnya cream cheese /keju oles

Olesan:

  • Kuning telur

Untuk bahan sirup:

  • 1 gelas gula pasir
  • 1/2 gelas air
  • Sedikit zakfran/safron atau jika tdk ada tdk usah pakai

Langkah Membuat:

1. Untuk sirup gulanya=campur bahan untuk sirup dipanci jadi 1, masak sambil di aduk aduk hingga cairan agak mengental / tekstur seperti sirup pada umumnya, Matikan kompor, sisihkan

2. Ini cheese / keju yg saya pakai ya, rasanya sama dgn keju oles pada umumnya, hanya bentuknya agak padat


3. Bagi tiap bijinya jdi 12 potong, atau klo ingin lbh kecil lebih ok


4. Untuk adonan= dalam wadah, masukkan terigu,gula,ragi,susu bubuk, telur aduk rata, masukkan susu segar hangat atau kalo pakai air masukkan sedikit demi sedikit sambil diaduk dan sampai sekiranya adonan dpt diuleni. Masukkan mentega dan garam Uleni lagi hingga adonan hingga kalis.


5. Biarkan dlm wadah tutup dgn plastik wrap/serbet biarkan hingga mengembang 2 kli lipat, ini aku diamkan 1 jam. ______________________ NOTE= peran ragi sangat penting ya, jadi pastikan ragi belum kadaluarsa dan masih benar benar


6. Setelah 1 jam / adonan mengembang, kempiskan adonan, uleni sebentar agar rata


7. Lumuri tangan dgn minyak agar tdk lengket, ambil sedikit kira kira 1 sendok teh lalu taruh isiannya,


8. Bulatkan dgn.cara agak.dicubit ujungnya


9. Taruh diloyang yg sudah dialasi minyak


10. Tata secara melingkar hingga adonan habis, tutup dgn plastik wrap/ serbet, diamkan lagi 30 menitan/ hingga mengembang


11. Setelah mengembang olesi dgn kuning telur, jika suka taburi dengan wijen, panaskan oven lebih dulu, jika sudah panas masukkan adonan lalu panggang dlm suhu 180 derajat celcius api atas bawah hingga matang (aku sekitar 15 menit) _____________________ NOTE = kenali oven maling masing ya


12. Jika sudah matang, keluarkan dari oven siram diatasnya dgn sirup gula /jika tidak suka dgn sirup gula tidak usah.pakai ya, hanya saja jika ingin menyesuaikan ala ala Timur Tengah harus dgn siraman sirup gula, soalnya roti ini biasanya disajikan untuk takjil buka puasa atau untuk teman Arabian coffe yg pahit. selamat mencoba:-)


13. Untuk teman ngopi dipagi haripun sooo perfect, tekstur rotinya lembut, walaupun ukurannya mini hehe


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep roti sarang lebah sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Cukup gampang untuk diikuti di rumah kan Bunda? Untuk takaran porsi, sesuaikan dengan kebutuhan Bunda ya, jadi takaran bahan bisa ditambah ataupun dikurangi. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber