Berlangganan

Resep Risol Roti Tawar Sosis Mayonnaise. Enak dan Praktis!



Risoles belakangan ini jadi makanan yang banyak banget diminati orang Indonesia. Kue kering yang di dalamnya berisi daging cincang ini juga dipadukan dengan beberapa bahan sayuran kemudian dibungkus seperti dadar dan digoreng. Bentuknya enggak jauh beda dari lumpia, tapi kalok risoles lebih empuk dan biasanya bungkusnya dilapisi sama kocokan telur.

Sebenarnya enggak harus isi daging cincang dan sayur sih, bunda juga bisa kok membuat resep risol roti tawar sosis mayonnaise yang rasanya juga enak. Dibuat dari bahan roti tawar bikin risoles ini makin empuk loh Bunda. Sekalipun isinya simpel tapi rasanya enggak ada yang nandingi.

Bikin risoles dengan isi sosis dan mayonnaise untuk suguhan keluarga ketika lagi kumpul di rumah cocok banget Bunda. Apalagi kalau banyak anak-anak di rumah, pasti pada suka semua. Hidangan ini jadi sajian yang spesial kalau Bunda buat sendiri di rumah dan enggak beli. Selain bisa buat suguhan ketika lagi kumpul sama keluarga, resep risol roti tawar sosis mayonnaise juga bisa kok jadi sajian ketika ada hajatan di rumah. Biasanya juga sering digunakan sebagai oleh-oleh untuk tamu undangan selepas hajatan. Rasanya yang enak dan simpel bisa bikin risoles ini jadi peluang usaha di rumah Bunda. Jadi bisa terima pesanan dan bisa tambah penghasilan.

Untuk bikinnya simpel banget Bunda, apalagi bahan-bahannya juga gampang banget dicari di sekitar kita. Terus langkah bikinnya juga enggak repot kok dan enggak makan waktu yang banyak. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep risol roti tawar sosis mayonnaise sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan:

kulit :

  • 20 lembar roti tawar (tanpa pinggiran)

isi :

  • 5 buah sosis sapi (direbus sebentar)
  • 2 butir telur ayam (direbus)
  • secukupnya keju

saus :

  • 200 gram mayonnaise (saya pakai merk mayum* yg pedas)
  • 80 gram susu kental manis

perekat :

  • 2 butir telur ayam (pakai putihnya saja)

pelapis :

  • secukupnya tepung panir

Langkah Membuat:

1. Tipiskan roti tawar menggunakan rolling pin


2. Siapkan bahan isi : sosis dipotong memanjang (1 jadi 4), telur ayam diiris memanjang (1 jadi 8), keju diiris tipis memanjang. (Semuanya sesuai selera mau di potong jd berapa, tp buat saya dgn potongan seperti itu cukup mengenyangkan dgn hanya makan 1 buah risol saja)


3. Siapkan sausnya : campur mayonnaise dgn susu kental manis, aduk rata (boleh tambahkan saus sambal kalau kurang pedas)

4. Selanjutnya ambil 1 lembar roti, oleskan seluruh tepi roti dgn putih telur sebagai perekat, lalu tata di atas roti : mayonnaise secukupnya (selera), sosis, telur dan keju, lalu lipat seperti amplop, rapatkan jgn sampai ada celah terbuka. Gulingkan risol di atas putih telur lalu balurkan dgn tepung panir, diguling-gulingkan, tekan sedikit agar menempel


5. Lakukan sampai semua bahan habis, lalu diamkan di freezer selama 1 jam sebelum di goreng agar tepung panir benar-benar menempel. Risol mentah bisa disimpan di freezer (waktu itu saya 3 hari masih enak)


6. Goreng sebentar dgn api kecil, jangan ditinggal waktu menggorengnya, krn tepung panir mudah gosong. Makan 2 potong utk sarapan bisa tahan lapar sampai siang lohhh


Nah, itulah bahan-bahan sama langkah buat bikin resep risol roti tawar sosis mayonnaise sendiri di rumah. Caranya gampang untuk diikuti kan Bunda? Kalau untuk takran rasa bisa disesuaikan sama selera Bunda, sedangkan takaran porsi juga bisa ditambah atau dikurangi sesuai kebutuhan. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber