Berlangganan

Resep Opor Ayam Spesial Kuah Kental. Dagingnya Empuk!



Orang Indonesia pasti udah tahu makanan opor ayam yang juga merupakan masakan terkenal di Indonesia. Bunda juga pasti udah faham dong sama masakan opor ayam? Soalnya makanan ini emang udah umum banget di seluruh daerah. Opor ayam sebenarnya ayam rebus kemudian diberi bumbu kental dan juga santan.

Biasanya masakan ini diberi serai, kencur, dan lain sebagainya biar rasanya tambah enak. Masak resep opor ayam sendiri di rumah pasti rasanya lebih spesial loh Bunda. Sekalipun banyak juga yang jual tapi kalau bikinan Bunda bisa disesuaikan dengan selera keluarga pasti rasanya jauh lebih enak.

Opor ayam ini identik disuguhkan ketika sedang ada perayaan besar, misalnya kayak hari lebaran, natal, ataupun acara besar lainnya. Momen kumpul dengan keluarga ini bisa jadi hal yang ditunggu-tunggu untuk mencoba masakan opor ayam. Sembari ngobrol dengan keluarga, menikmati opor ayam memang bisa terasa sangat spesial loh Bunda. Selain disuguhkan untuk hari lebaran atau hari besar dengan keluarga, opor ayam juga bisa kok disajikan untuk menu makanan keluarga di rumah sehari-hari. Pasti anggota keluarga juga makin betah makan di rumah. Opor ayam rasanya juga cocok disuguhkan ketika hajatan atau ada acara pengajian maupun arisan di rumah. Bikin resep opor ayam selain lebih irit juga lebih mudah kok Bunda.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat opor ayam sangat sederhana, soalnya gampang banget dicari di sekitar kita. Kalau untuk langkah membuatnya juga enggak makan waktu yang banyak kok Bunda. Berikut ini bahan sama langkah bikin resep opor ayam sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 1 ekor ayam potong sesuai selera (aku pake paha 6 potong)
  • 500 ml santan kental dr 1 butir kelapa (aku pake kara 65ml 2sct)
  • 1,5 liter santan encer sisa perasan pertama (aku pake air biasa)
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis
  • 1 sdm air asam jawa dr 3 mata asam
  • 2 sdt garam (optional)
  • 1 sdt gula pasir
  • 25 g gula merah
  • secukupnya minyak goreng dan air
  • bumbu halus
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1/2 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt lada
  • 1 ruas jari kunyit
  • 1 ruas jari jahe
  • 3 buah kemiri
  • 1/4 sdt jintan
  • bumbu rempah
  • 3 buah cengkeh
  • 3 buah kapulaga
  • 1 buah lawang/pekak
  • 2 ruas jari kayu manis
  • 3 lembar daun jeruk sobek2
  • 2 batang sereh geprek
  • 2 cm lengkuas geprek
  • 2 lembar daun salam
  • secukupnya bawang goreng buat taburan

Langkah Membuat:

1. Cuci bersih ayam,lalu lumuri dgn air jeruk nipis,garam dan asam jawa,aduk2 hingga rata,lalu diamkan beberapa saat,aku 15 menitan

2. Siapkan bumbu2,panaskan minyak goreng,tumis bumbu halus hingga harum,tambahkan bahan rempah aduk rata hingga bumbu benar2 matang


3. Masukan ayam,aduk rata dan beri krg lbh 100ml air aku lgsg masukin 1,5 liter air,biarkan hingga mendidih dan bumbu meresap


4. Masukan santan encer,aku ga pake santan encer lg,aduk rata kembali,beri gulaa pasir dan gula merah,biarkan hingga air menyusut dan ayam setengah empuk,sekali2 di aduk dan gunakan api sedang,jika ayam sdh setengah empuk tuang santan kental,aduk trs agar santan tdk pecah


5. Tes rasa dan tes keempukan ayam,jika rasa sdh pas dan ayam sdh empuk matikan api,angkat dan sajikan dgn taburan bawang goreng


Nah, itulah bahan-bahan dan langkah buat bikin resep opor ayam sendiri di rumah. Gampang dan sederhana kan? Sedangkan untuk takaran rasa dan takaran porsi bisa disesuaikan dengan selera juga kebutuhan Bunda sekelurga ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber