Berlangganan

Resep Omelet Spanyol. Bikin Keluarga Minta Dibikinin Lagi Dan Lagi



Nama makanan omelet tentunya udah bukan jadi menu makanan yang asing lagi buat para Bunda nih. Sekalipun bukan asli dari Indonesia, tapi makanan ini sering digunakan sebagai menu sarapan keluarga sebelum beraktivitas.

Banyak kok Bunda sebenarnya jenis omlet yang bisa dimasak, semuanya bisa disesuaikan dengan selera Bunda dan keluarga. Omelet ini merupakanan makanan yang terbuat dari telur dan dikasih beberapa bahan yang lainnya, entah sosis atau bahan yang lainnya. Nah, ada salah satu omelet dari Spanyol yang rasanya juga enggak kalah enak dari jenis omlet lainnya loh Bunda. Resep omelet Spanyol yang enak dan simpel bisa dicoba di rumah untuk sajian menu makan keluarga.

Kalau mau bikin omelet ini biasanya disajikan ketika keluarga akan sarapan pagi sebelum beraktivitas. Karena kandungannya yang sehat jadi sering jadi menu pilihan untuk sarapan. Untuk jenis omelet Spanyol ini sebenarnya enggak beda jauh dari beberapa omelet yang biasanya kok. Kalau omelet Spanyol ini Bunda pakai bahan tambahan seperti kentang, bawang Bombay, dan beberapa bahan yang lainnya dan rasanya memang benar-benar menagihkan loh Bunda. Keluarga pasti senang sarapan dengan omelet Spanyol yang rasanya spesial. Resep omelet Spanyol bisa dicoba Bunda di buat di rumah karena juga cukup gampang bikinnya.

Bahan-bahan yang dipakai cukup simpel dan bisa dicari di sekitar kita loh Bunda. Langkah bikinnya juga enggak ribet, jadi enggak makan waktu yang banyak. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep omelet Spanyol sendiri di rumah yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

  • 1 buah kentang (berat 200 gram)
  • 3 butir telur ayam
  • 1 bawang bombay (bisa pakai bawang merah biasa sesuaikan)
  • 3 butir bawang putih (aslinya ga pakai)
  • 1 sdt garam (peres/ tidak munjung / sesuaikan selera)
  • 1/2 sdt merica bubuk (aslinya ga pakai)
  • 1/2 sdt cabe bubuk (aslinya ga pakai)
  • 1/2 sdt penyedap (aslinya ga pakai)
  • secukupnya Minyak

Langkah Membuat:

1. Potong kentang, bawang bombay dan bawang putih (bawang putih bisa dicincang halus)


2. Panaskan minyak masukkan kentang dan bawang bombay,


3. Jika kelihatan setengah matang masukkan bawang putih,


4. Goreng hingga agak kekuningan, jangan sampai kering ya,asal cukup kentang matang saja


5. Angkat tiriskan


6. CATATAN= untuk langkah nomer 2,3, dan 4 bisa jg dengan cara lain ya, lebih less oil atau sedikit minyak, caranya dalam Teflon panaskan 3 sdm minyak goreng, masukkan bawang merah dan bawang putih, tumis hingga layu, masukkan potongan kentang, dan 1/2 sdt garam aduk rata, tutup teflonnya, masak dgn api kecil, sampai kentang empuk matang kurang lebih 10 menit (lihat gambar)


7. Dalam mangkuk, campur telur, garam, cabe bubuk, merica bubuk, dan penyedap kocok hingga rata


8. Masukkan kentang yg sudah digoreng tadi. _____________________ NOTE = jika suka bisa ditambahkan sosis atau tambahan lainnya sesuai selera., kalo yg spanyol biasanya ada yg menambahkan dgn Chorizos yaitu sausage/sosis spanish yg terbuat dari daging babi.


9. Panaskan teflon, beri minyak 2 sdm, tuang kocokan telur dan kentang tadi, tunggu hingga pinggirnya kuning kecoklatan atau mengeras, pakai apinya kecil ya. ____________________ NOTE = untuk ukuran bahan diatas, gunakan teflon kecil diameter 18 cm,jadi hasilnya benar benar tebal.


10. Ambil 1 piring, taruh diatas teflon, lalu balikkan pelan.


11. NOTE= disini bagian bawah masih basah ya, jadi masih perlu dibalikkan lagi ke teflon dan digoreng


12. Balikkan lagi goreng ke teflon, yg bagian masih basah dibawah, rapikan pinggirnya agar bulat rapi, goreng dgn api sangat kecil, hingga matang dan bawahnya kering atau mengeras.. __


13. Tusuk dgn ujung pisau tengahnya untuk mengetahui didalamnya sudah matang atau belum, jika ketika diangkat ujung pisau bersih berarti sudah matang, tapi jika ingin seperti ala spanyol asli memang dalamnya harus masih encer ya, jdi kembali keselera masing masing.


14. Aku lbh suka yg lebih padat begini, tidak terlalu lembek dan tidak terlalu encer dalamnya. __________________ NOTE= untuk warna luarnya memang aku sengaja bikin sampai kecoklatan begitu ya, aku goreng bolak balikkan sampai 4 kali, karena aku suka yg luarnya garing kecoklatan hhihihi,


15. Buat lagi.. lagi.. dan lagi.. tetap padat rapi๐Ÿ˜๐Ÿ˜


16. Selamat mencoba


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin Resep omelet Spanyol sendiri di rumah yang bisa dicoba Bunda. Sederhan dan gampang buat diikuti kan Bunda? Untuk takaran rasa sama takaran porsi ini bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda juga selera ya, jadi takaran bahan bisa ditambah ataupun dikurangi. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber