Berlangganan

Resep Mozarella Homemade. Nggak Kalah Enak Dengan Yang Asli 😋😆



Bunda udah pernah tahu keju mozzarella? Keju yang dari Italia ini belakangan jadi salah satu bahan yang banyak dibutuhkan para Bunda kalau buat kue. Apalagi kalau Bunda suka banget bikin pizza sendiri di rumah, bahan keju mozzarella ini dibutuhkan banget loh. Memang kalau beli harganya cukup mahal Bunda, tapi rasanya juga benar-benar enak.

Keju ini dibuat dengan cara diputar dan juga dipotong, dengan warnanya yang putih dan rasa susunya terasa banget loh Bunda. Ternyata Bunda juga bisa membuat resep mozzarella sendiri loh di rumah. Sekalipun enggak asli tapi ternyata keju mozzarella yang dibuat sendiri juga enak kok jadi bahan tambahan kalau bikin kue ataupun pizza.

Kalau bikin mozzarella ketika dibuat pada hari itu, ternyata juga harus dimakan hari itu juga. Tapi kalau direndam di dalam air garam bisa bertahan sampai satu minggu. Beda lagi kalau Bunda bikin keju mozzarella sendiri, bisa bertahan beberapa lama soalnya ditarok di dalam freezer. Nah, keju mozzarella yang udah jadi buatan sendiri bisa dimanfaatkan buat bikin pizza, dan beberapa aneka kue yang butuh kadar keju. Lumayan Bunda, daripada harus membeli keju mozzarella yang harganya mahal, mendingan Bunda coba bikin resep mozzarella sendiri di rumah. Selain lebih irit, cara bikinnya juga neggak ribet kok Bunda.

Kebanyakan orang agak malas bikin keju mozzarella sendiri soalnya takut caranya yang ribet, padahal bahan yang digunakan gampang banget di sekitar kita. Enggak cuma itu, tapi langkah membuatnya juga enggak lama dan enggak bikin capek kok Bunda. Berikut ini beberapa langkah dan bahan yang bisa Bunda ikuti buat bikin resep mozzarella sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

  • 300 ml susu cair full cream
  • 150 gr keju cheedar parut
  • 1/4 sdt jelly bubuk plain
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm tepung tapioka/sagu

Langkah Membuat:

1. Ambil sedikit susu cair di resep, campur dengan tapioka aduk sampai larut.

2. Siapkan panci, masukkan susu cair, keju parut, jelly bubuk, dan garam. Aduk rata. Nyalakan api, masak dengan api kecil sampai keju larut.


3. Masukkan larutan tapioka, aduk2 masak sampai mengental. Angkat.


4. Masukkan ke wadah bertutup, aku pake plastik opp. Tutup.


5. Masukkan freezer sampai membeku. Keju mozza siap digunakan


6. Penampakan pizza dengan mozzarella kw. Lumayan mirip lahh, resep disebelah yaa.


Nah, itulah bahan dan langkah yang bisa digunakan untuk membuat resep mozzarella sendiri di rumah. Gampang dan bisa diikuti kan Bunda? Untuk takaran porsi bisa disesuaikan sama kebutuhan Bunda di rumah ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber