Berlangganan

Resep Mie Homemade. Enak dan Cocok Buat Mie Ayam Masakan mie Lainnya



Mie adalah makanan yang bisa ditemukan hampir di seluruh dunia, sekalipun dengan nama yang berbeda rasa dan bentuk mie kebanyakan sama. Mie sendiri terbuat dari adonan tipis dan juga panjang kemudian digulung dan dikeringkan untuk dikonsumsi sewaktu-waktu. Tentu saja mie ini enggak langsung dimakan, biasanya dimasak dengan cara direbus dalam air yang mendidih.

Kalau ditanya sejarah dari mie memang kurang jelas, soalnya beberapa Negara meng-klaim kalau merekalah penemu mie. Terlepas dari itu, belakangan ini banyak juga loh Bunda makanan yang terbuat dari bahan dasar mie. Daripada harus membeli, sebenarnya Bunda juga bisa kok bikin resep mie buatan sendiri yang juga bisa dicoba di rumah.

Seperti yang kita tahu, banyak makanan di Indonesia yang menggunakan bahan mie. Mulai makanan yang dihidangkan sehari-hari sebagai menu makanan keluarga, sampai menu mie yang dijual di jalan-jalan. Nah, mie yang udah dibuat sendiri di rumah bisa dimasak sesuai selera Bunda nih, entah untuk jualan ataupun untuk sajian. Membuat resep mie buatan sendiri memang menguntungkan kok Bunda. Selain jauh lebih irit, ternyata Bunda juga bisa menjual produk mie buatan sendiri kepada beberapa pedagang mie ayam misalnya, atau beberapa pedagang yang lainnya. Tentu hal ini bisa menguntungkan Bunda untuk tambahan pemasukan keluarga di rumah.

Kalau lihat bentuk jadinya mungkin Bunda mengira kalau pembuatannya susah, padahal bahan yang digunakan sedikit dan cukup gampang dicari di sekitar kita loh. Selain itu, cara pembuatannya juga sederhana kok Bunda. Berikut ini bahan dan langkah buat bikin resep mie buatan sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti.

Bahan-bahan:

  • 300 gram Tepung Terigu Protein Tinggi
  • 3 buah Telur Ayam
  • 1 sendok makan Minyak Goreng
  • 1 sendok teh Garam
  • secukupnya Tepung Terigu untuk taburan

Langkah Membuat:

1. Campur rata tepung dengan 1 sdt garam

2. Masukkan telur dan minyak ke dalam tepung kemudian uleni hingga lembut dan adonan mengkilat

3. Bungkus adonan dengan serbet makan. Biarkan dalam suhu kamar selama 30 menit.

4. Bagi adonan menjadi 4 bagian. Buat adonan menjadi pipih dengan mesin pembuat mie lubang tingkat 1 (paling besar).


5. Tekuk adonan seperti dalam gambar


6. Pipihkan adonan dengan arah bukaan disebelah atas-bawah


7. Lakukan berulang hingga adonan lembut dan rata.


8. Setalah adonan di tingkat 1 halus dan rata, pipihkan adonan berturut-turut pada tingkat ke 2, 3, 4 atau kalau mau lebih tipis lagi hingga tingkat 5.

9. Adonan mie yang sudah dipipihkan dengan mesin mie tingkat ke 5


10. Adonan pipih di letakkan pada serbet makan yang sudah ditaburi tapung terigu. Biarkan adonan pipih ini kering kurleb 30 menit. Saat menunggu kerjakan 3 buah adonan lain seperti langkah sebelumnya.


11. Potong adonan pipih dengan cetakan mie. taburi mie dengan sedikit tepung terigu. Biarkan mie kering selama 30 menit.


12. Didihkan air yang sudah diberi garam. Rebus mie homemade ini selama 3 menit. Mie ini siap di sajikan untuk mie ayam, mie goreng dsb...


13. Proses membuat mie juga bisa dilihat di
http://www.youtube.com/watch?v=Q-oifwVQHnw

Nah, itulah bahan dan langkah untuk membuat resep mie buatan sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Sederhana dan enggak membutuhkan banyak bahan kan Bunda? Untuk takaran porsinya bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber