Berlangganan

Resep Martabak Manis. Simple Dan Enak dan Anti Gagal. Jadi 2 Loyang



Martabak manis atau yang lebih sering disebut dengan terang bulan ini merupakan makanan jenis kue dadar yang biasanya dijual di pinggir jalan dan hampir ada di seluruh Indonesia loh. Pasti Bunda jug udah enggak asing lagi dengan makanan ini. Semakin berkembanganya jaman, makanan ini juga semakin diberi variasi dan akhirnya banyak yang suka.

Bahkan sekarang ini juga banyak kok pengusaha yang menjual martabak manis ini dan usahanya jadi semakin besar. Kue yang terbuat dari campuran tepung terigu, telur ayam, santan, ragi, dan beberapa bahan lainnya ini juga bisa Bunda buat sendiri kok di rumah. Bahkan resep martabak manis ini juga gampang dilakukan kok Bunda.

Martabak manis ini dibuat bukan cuma untuk peluang usaha aja Bunda. Bahkan Bunda juga bisa kasih buat suguhan keluarga besar ketika lagi kumpul di rumah. Pasti momen kumpul ketika dengan keluarga dengan sajian martabak manis rasanya lebih spesial. Bunda juga bisa kasih suguhan ini untuk acara hajatan di rumah, entah arisan ataupun pengajian. Kalau rasanya enak, cocok untuk membuka peluang usaha Bunda. Lumayan untuk tambahan penghasilan keluarga di rumah kan. Nah, resep martabak manis ini sebenarnya simpel kok kalau dicoba sendiri di rumah.

Untuk bahan-bahan yang digunakan mudah sekali ditemukan di sekitar kita Bunda. Terus soal langkahnya juga enggak terlalu susah dan enggak bikin bunda ngerasa capek kok. Bunda bisa coba bikin sedikit dulu untuk sajian keluarga di rumah. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep martabak manis sendiri di rumah yang bisa diikuti Bunda.

Bahan-bahan:

bahan kering:

  • 250 gr tepung terigu
  • 2 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdt vanilli
  • 30 gr gula halus
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt garam halus
  • 1 sdt ragi instant (fermipan/saff)

cairan 1:

  • 400 ml susu cair (bisa diganti air/santan encer)

cairan 2:

  • 3 butir telur, kocok lepas
  • 30 gr gula pasir
  • 50 gr margarin, lelehkan

bagi menjadi 2:

  • 1 sdt soda kue

topping sesuai selera:

  • Keju parut, messes coklat, susu kental manis, margarin

Langkah Membuat:

1. Campur semua bahan kering kecuali ragi instant lalu ayak. Masukkan cairan 1 (susu cair) aduk2 sampai rata dan tidak bergerindil. Masukkan ragi instant, aduk rata. Tutup dengan serbet, diamkan selama 30 menit.


2. Setelah 30 menit, aduk2 sebentar lalu masukkan cairan 2 (telur, gula pasir, margarin). Aduk rata.


3. Bagi adonan menjadi 2, sisihkan. Panaskan teflon/cetakan, ambil 1 bagian adonan beri 1/2 sdt soda kue, aduk sampai benar"rata. Tuang adonan pada teflon yg sudah benar" panas. Pakai api sedang cenderung kecil. Setelah muncul gelembung segera tutup. Lalu kecilkan api dan tunggu sampai matang. Angkat martabak.


4. Oles dengan margarin lalu beri topping sesuai selera jgn lupa susu kental manisnya. Potong2 dan sajikan..


5. Lakukan hal yg sama pada sisa adonan, jadi pemberian soda kue ketika martabak akan dimasak ya. Kebetulan saya topping coklat dan keju. Selamat mencoba


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep martabak manis sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti. Simpel dan gampangkan Bunda? Untuk takaran resep dan takaran porsi bisa disesuaikan dengan selera dan kebutuhan Bunda di rumah ya. Semoga bermanfaat Bunda, selamat mencoba dan terima kasih.

Sumber