Berlangganan

Resep Manisan Kolang Kaling Gula Merah. Sekali Bikin Langsung Ludes!



Kolang-kaling merupakan salah satu nama camilan dengan tekstur yang kenyal dan bentuknya yang lonjong berwarna putih. Mungkin para Bunda udah sering tahu kolang-kaling ini di pasar dan memang biasanya ludes ketika bulan ramadhan datang. Rasa dari kolang-kaling ini benar-benar segar loh Bunda, enggak heran kalau sering digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat aneka minuman.

Nah, Bunda juga bisa loh coba bikin resep manisan kolang-kaling gula merah ini di rumah. Rasanya yang segar dan manis pasti banyak yang suka, selain itu warnanya juga cantik. Bahan kolang-kaling ini banyak diminati soalnya jarang juga ditemukan dihari-hari biasa.

Kolang-kaling sendiri dibuatdari biji pohon aren yang punya bentuk pipih dan bergetah. Proses pembuatan kolang-kaling ini memang cukup mamakan waktu yang lama. Tapi siapa sangka kalau rasanya juga sepadan dengan prosesnya. Untuk manisan kolang-kaling, Bunda bisa menyuguhkannya untuk keluarga dan tamu yang sedang berkumpul di rumah ketika lebaran. Bisa juga kok untuk sajian menu buka puasa, karena rasanya memang manis jadi bisa cocok sekali dinikmati ketika puasa. Membuat resep manisan kolang-kaling gula merah sendiri di rumah akan jauh lebih irit daripada harus membeli yang udah jadi Bunda. Kalau bisa bikin sendiri juga bisa jadi ide untuk membuka usaha di rumah ketika ramadhan dan lebaran akan datang.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat manisan kolang-kaling sebenarnya enggak susah dicari dan enggak banyak. Cuma memang kolang-kaling jarang ada kalau dihari-hari biasanya. Untuk langkah membuatnya juga gampang kok Bunda. Berikut ini bahan sama langkah yang bisa diikuti buat bikin resep manisan kolang-kaling gula merah di rumah.

Bahan-bahan:

  • 250 gr kolang kaling, cuci bersih
  • Air secukupnya utk merebus awal
  • 2 gandu gula merah
  • Sesuai selera gula pasir
  • Daun pandan
  • 6 gelas air

Langkah Membuat:

1. Siapkan bahan


2. Didihkan air secukupnya dlm panci, rebus kolang kaling selama 20 menit, buang airnya tiriskan

3. Didihkan 6 gelas air dalam panci, rebus gula merah hingga larut, matikan kompor, saring air gula merah, didihkan kembali dgn daun pandan dan kolang kaling


4. Masak dgn api sedang hingga air menyusut dan menyerap pada kolang kaling


Nah, itulah bahan-bahan sama langkah buat bikin resep manisan kolang-kaling gula merah sendiri di rumah. Sederhana dan mudah kan Bunda? Untuk takaran rasa dan porsi bisa disesuaikan dengan selera juga kebutuhan Bunda di rumah. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber