Berlangganan

Resep Makaroni Kuah Tomat. Seger dan Nikmat!!



Kegiatan di dapur mungkin membuat para Bunda tahu beberapa bahan masakan yang sering digunakan, salah satunya adalah makaroni. Makanan makaroni ini termasuk salah satu jenis pasta yang bentuknya elbow, biasanya kalau dimasak menggunakan saus krim dan kacang polong.

Tapi karena berkembanganya jaman, enggak sedikit juga makaroni ini jadi tambahan bahan untuk masakan lainnya yang disukai banyak orang loh Bunda. Selain itu, makaroni juga bisa dimasak dengan menggunakan cara lain yang membuat rasanya lebih enak, misalnya resep makaroni kuah tomat yang segar dan nikmat untuk suguhan menu makan keluarga.

Bikin makaroni kuah tomat ini sebenarnya gampang dan bisa dicoba Bunda di rumah loh. Memang sih, ada juga dibeberapa rumah makan yang menjual makanan ini, tapi jauh lebih irit kalau Bunda masak sendiri di rumah. Keluarga pasti senang kalau dikasih makanan makaroni kuah tomat, soalnya selain rasanya memang enak dan lebih spesial kalau Bunda bikin sendiri di rumah. Bahkan bisa juga jadi salah satu menu untuk hajatan dengan model prasmanan Bunda. Pasti para tamu juga banyak yang ingin coba, karena selain unik juga rasanya segar dan nikmat. Kalau banyak yang suka, bisa dicoba bikin resep makaroni kuah tomat untuk peluang bisnis, lumayan untuk tambahan pemasukan Bunda.

Untuk bahan-bahan yang digunakan gampang banget di pasar dan di sekitar kita kok Bunda. Enggak cuma itu, tapi langkah membuatnya juga simpel dan bisa dicoba kapanpun Bunda mau. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep makaroni kuah tomat sendiri di rumah yang bisa dicoba Bunda.

Bahan-bahan:

  • 200 gram makaroni
  • 6 buah tomat (blender)
  • 1 liter air (kalo punya kuah kaldu lebih mantap)
  • 1 sdt garam/ sesuaikan selera
  • 1/4 sdt gula pasir/ sesuaikan selera
  • 1 sdt penyedap / sesuaikan selera

Bumbu halus:

  • 2 butir bawang merah
  • 8 butir bawang putih
  • 2 sdm Ebi/udang kering/ rebon
  • 1 sdt merica butir
  • Minyak utk menumis
  • Langkah Membuat:

1. Tumis bumbu halus hingga harum dan berubah warna


2. Masukkan tomat yg sudah diblender


3. Biarkan hingga mendidih, masukkan garam, gula, penyedap


4. Masukkan air atau kalo punya kuah kaldu bisa.dipakai ya lebih mantap hasilnya, biarkan hingga mendidih.


5. Jika sudah mendidih masukkan makaroni nya biarkan masak hingga sekiranya makaroni empuk, test rasa sesuaikan selera. ______________________ NOTE= jika suka bisa ditambahkan sosis, ceker ayam, atau sesuai selera,


6. Penyajian, dalam mangkuk pencet cabe rawit sesuaikan selera kepedasaannya, lalu siramkan makaroni tadi nikmati selagi panas.. (jika suka taburi bawang goreng)


7. Hmmmm.... segar nikmat, mantap huehehe


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah buat bikin resep makaroni kuah tomat sendiri di rumah yang bisa diterapkan untuk dicoba. Sederhana dan enggak ribet kan Bunda? Untuk takaran porsi dan rasa, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan selara Bunda ya, jadi bahannya bisa ditambah atau dikurangi takarannya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber