Berlangganan

Resep Kwetiau Goreng. Mantep Banget. Dijamin Halal



Bunda udah pernah tahu makanan kwetiau? Kwetiau ini merupakan sejenis makanan mie dari Tionghoa yang punya warna putih dan dibuat dari beras. Ada dua jenis makanan kwetiau ini, ada yang digoreng disebut dengan kwetiau goreng, kalau dimasak dengan kuah disebutnya kwetiau kuah.

Sekalipun makanan ini dari Tionghoa tapi banyak juga masyarakat Indonesia yang suka dengan makanan ini loh. Biasanya makanan ini ditemukan di beberapa warung makan atau restoran Cina. Hampir diseluruh Indonesia makanan ini udah ada dan banyak juga peminatnya. Tapi Bunda bis kok coba resep kwetiau goreng yang enak di rumah tanpa harus beli di luar.

Sekalipun masakan dari Tionghoa tapi bahan-bahan yang dipakai terbuat dari bahan yang halal kok Bunda. Memang dibeberapa daerah ada yang menggunakan sosis babi sebagai bahan tambahannya, tapi Bunda bisa menyesuaikan sama kebutuhan dan keinginannya Bunda di rumah kok. Bikin kwetiau di rumah ketika ada momen kumpul dengan keluarga rasanya pasti lebih pas dan enak. Anak-anak dan sanak saudara yang lainnya pasti suka dengan masakan Bunda.

Enggak cuma itu, tapi makanan ini juga bisa jadi peluang usaha yang cukup menggiurkan loh Bunda. Apalagi kalau di daerah Bunda banyak yang belum tahu tentang makanan kwetiau ini, pasti resep kwetiau goreng bakalan laris manis.
Bikinnya enggak ribet kok Bunda, soalnya bahan-bahan yang dipakai gampang banget dicari di sekitar kita. Terus langkah bikinnya juga enggak lama dan enggak bikin Bunda ngerasa capek. Berikut ini ada bahan-bahan sama langkah buat bikin resep kwetiau goreng di rumah yang bisa Bunda ikuti buat di coba.

Bahan-bahan:

  • 200-250 gr kwetiau/mie lain
  • 10 butir bakso, potong2
  • 100 gr udang, bersihkan
  • 4 lembar pokcoy/sawi hijau, potong2
  • 3 sdm kecap manis
  • 2 sdm saos tiram
  • 1/2 sdm kecap asin
  • 1/2 sdm minyak wijen
  • 1 sdm kecap ikan (aku skip)
  • 5 sdm saos pedas (kalau mau pedas)
  • 1 sdt garam/secukupnya
  • 1/2 sdt gula pasir

Bumbu halus:

  • 5 siung bawang putih
  • 5 butir kemiri
  • 1/2 sdt merica bubuk

Langkah Membuat:

1. Siapkan semua bahan.


2. Rebus air sampai mendidih. Tambahkan 1 sdm minyak. Masukkan mie/kwetiau, masak sampai all dente (jangan kelembekan).


3. Haluskan bumbu halus.


4. Panaskan minyak goreng 2 sdm, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan bakso dan udang. Boleh tambah telur ya. Aduk2 sampai udang berubah warna.


5. Masukkan semua bumbu saos, dan kecap2an termasuk gula dan garam.


6. Masukkan kwetiau, aduk2 sampai tercampur semuanya.Test rasanya ya bisa tambah gulgar sesuaikan selera aja. Terakhir masukkan pakcoy, aduk rata sampai layu. Matikan api. Angkat.


7. Sajikan selagi hangat dengan kerupuk, wiihh mantepp


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep kwetiau goreng sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti. Bikinnya gampangkan Bunda? Selera rasanya bisa Bunda atur sendiri sesuai dengan kesukaan keluarga di rumah. Kalau untuk takaran porsi bisa kok ditambah ataupun dikurangi sesuai dengan kebutuhan Bunda. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber