Berlangganan

Resep Kulit Risol Yang Lentur, Empuk dan Gak Gampang Rusak



Udah bukan rahasia lagi kalau risoles jadi jajanan yang banyak disukai. Enggak cuma disukai anak-anak tapi juga para Bunda. Risoles ini sejenis lumpia tapi berbeda dari lumpia, soalnya kulitnya jauh lebih empuk kalau dibandingkan dengan lumpia.

Enggak hanya itu, tapi isinya juga beda solanya risoles biasanya diisi sama daging cincang dan juga beberapa jenis sayuran. Rasa risoles yang enak emang enggak akan jauh dari tekstur kulitnya. Kalau kulitnya empuk dan lentur pasti banyak yang suka, tapi kalau keras rasanya juga enggak akan semangat buat makan risolesnya. Nah, Bunda bisa loh bikin resep kulit risol lentur sendiri di rumah.

Sajian risoles yang cocok disuguhkan ketika ada hajatan bikin kue ini sering dipakai jadi menu andalan para Bunda. Memang risoles yang rasanya enak ini sering dipakai para Bunda buat oleh-oleh para tamu undangan hajatan ketika sedang ada acara di rumah. Maka dari itu, rasa kulit dari risoles benar-benar kasih pengaruh juga Bunda. Bikin resep kulit risol lentur sendiri di rumah pasti lebih enak dan spesial. Bunda bisa coba buat bikin keluarga di rumah dulu, siapa tahu justru banyak yang suka dan bisa jadi peluang usaha Bunda. Lumayan untuk tambahan penghasilan di rumah kan Bunda.

Buat bahan-bahan bikin kulit risoles ini gampang banget Bunda, banyak juga di sekitar kita kok. Terus langkah bikinnya juga enggak makan waktu yang lama kok, enggak bakalan bikin Bunda capek. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep kulit risol lentur sendiri di rumah yang bisa Bunda coba ikuti.

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 3 sdm (munjung) tepung kanji/tapioka
  • 1 butir telur ayam
  • 1 sachet (30 gr) susu bubuk
  • 1/2 sdt garam
  • 5 sdm minyak goreng
  • 500 ml air

Langkah Membuat:

1. Campur semua bahan, aduk rata, tambahkan air sedikit demi sedikit, aduk menggunakan whisker sampai tidak ada yang menggerindil (bila perlu disaring)

2. Panaskan wajan anti lengket (aku pakai ukuran 24 cm) gunakan api kecil, tuang 1,5 sendok sayur adonan dengan posisi wajan di angkat dari atas kompor, lalu gerakan wajan berputar hingga adonan rata, letakan kembali wajan di atas kompor, masak sebentar sampai permukaan tidak basah ketika disentuh

3. Untuk mengangkat kulit risol tinggal balikan saja wajannya otomatis akan terlepas sendiri, bila tidak mau terlepas/lengket berarti ada yang salah dengan adonannya bisa jadi karena kebanyakan air

4. Bersihkan wajan dengan tissue yang sudah diberi minyak goreng, ulangi langkah no. 2 lakukan sampai adonan habis

5. Hasilnya tidak lengket ketika ditumpuk


6. Karena hasil kulitnya lentur jadi mudah digunakannya, ini hasil fotonya waktu bikin risol mayo (resep risol mayo sudah pernah aku post sebelumnya) jadi gampang banget ngebungkusnya


7. Yipiiee, puas dengan hasilnya


8. Setelah dibalur dengan tepung panir dan risol pun siap buat digoreng


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep kulit risol lentur sendiri di rumah. Gampang buat diikuti kan Bunda? Kalau untuk takaran porsi, bisa ditambah atau dikurangi sesuai sama kebutuhan Bunda ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber