Berlangganan

Resep Kulit Kumpia Elastis dan Nggak Gampang Sobek



Lumpia termasuk salah satu makanan khas dari Indonesia yang mungkin udah banyak banget diketahui orang. Makanan lumpia ini sebenarnya berasal dari Semarang, semcam rollade yang punya isi sayuran, telur, bahkan juga aneka daging. Salah satu yang khas dari lumpia ini adalah kulitnya yang elastis dan enak.

Bunda juga bisa kok membuat resep kulit lumpia yang enak dan elastis. Tinggal nanti isiannya bisa diisi sesuai dengan keinginan Bunda. Lumpia juga mengalami perkembangan, kalau dulu Cuma hanya diisi dengan sayuran, sekarang bahkan Bunda bisa kasih suwiran daging ayam atau beberapa isian yang dirasa enak untuk dikonsumsi. Jadi bisa dikreasikan sesuai dengan keinginan Bunda.

Lumpia ini cocok banget disuguhkan untuk cemilan keluarga ketika sedang berkumpul pada momen tertentu Bunda. Ngobrol sama keluarga ditemani lumpia pasti semkin asik. Enggak cuma itu, tapi lumpia ini juga bisa disajikan untuk hajatan ataupun pengajian di rumah Bunda loh. Para tamu undangan pasti banyak yang suka. Apalagi kalau kulit lumpianya Bunda buat sendiri di rumah dengan resep kulit lumpia yang bisa elastis dan rasanya enak. Kalau kulit lumpia yang Bunda buat rasanya enak dan elastis, kemudian bisa digunakan untuk apapun, bisa dijual sebagai peluang usaha loh Bunda. Lumayan kan untuk tambahan penghasilan.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kulit lumpia ini sebenarnya gampang dicari kok Bunda dan enggak banyak juga. Kalau soal langkah membuatnya juga sederhana dan enggak bikin capek. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep kulit lumpia yang enak dan elastis untuk dicoba di rumah.

Bahan-bahan:

  • 250 gram Terigu
  • 1 sdm munjung tepung tapioka / pati
  • 1 butir kuning telur
  • 500 ml Air
  • Sejumput garam
  • 2 sdm minyak goreng

Langkah Membuat:

1. Campur semua bahan sampai rata pake whisk sampai licin, kalo saya pake mixcer 5 menit aja pake kecepatan sedang lalu saring


2. Panaskan teflon tidak perlu d beri minyak lagi yaa langsung tuang aja adonan 1 sendok sayur ukuran kecil, lalu ratakan dipermukaan teflon dengan di putar2 teflonya, harus tipis yaa jangan tebal2 tunggu sampai matang permukaan mulai kering angkat, inget yaa saat menuang adonan jangan terlalu banyak nanti kulit nya jadinya ketebelan saat d lipat patah... jadinya tidak elastis


3. Lakukan terus sampai adonan habis ini penampakan kulit lumpianya beneran elastis lho..


4. Ini kulit lumpianya saya bikin martabak jadinya garing kokoh cantik dan g gampang sobek / bocor, oh yaa putih telurnya jangan d buang ya... bisa di pake buat ngelem saat ngisi isian nya


5. Recoment banget buat di cobain. 1 resep ini jadi nya sekitar 33-35 lembar selamat mencoba..


Nah, itulah bahan dan langkah buat bikin resep kulit lumpia sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Sederhana dan gampang kan Bunda? Untuk takaran porsi bisa loh disesuaikan dengan kebutuhan Bunda di rumah. Rasanya juga bisa disesuaikan dengan selera Bunda. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber