Berlangganan

Resep Kue Mangkok Lembut Tanpa Telur. Dijamin Nggak Bantat. Wanginya Kemana-mana



Indonesia punya banyak kue tradisonal yang sering dibuat ketika ada acara tertentu. Bunda tentunya juga udah engggak asing dong sama kue mangkok? Kue mangkok ini sebenarnya sama dengan kue kukus biasanya. Cuma dia di kukus di dalam mangkok plastik dan bentukny cantik.

Warnanya yang menarik enggak kalah sama rasanya yang manis dan lembut loh. Karena rasanya yang manis enggka heran kalau banyak para ibu rumah tangga yang seneng banget bikin resep kue mangkok yang manis dan lembut ini. Kue mangkok ini dibuatnya dari bahan tepung beras dan tepung terigu, benar-benar gampang kok Bunda.

Kalau Bunda coba bikin kue mangkok sendiri mungkin rasanya bisa lebih enak karena soal rasanya disesuaikan dengan selera Bunda. Biasanya kue mangkok ini disuguhkan ketika ada acara hajatan di rumah, bisa juga digunakan untuk oleh-oleh tamu undangan yang datang ke hajatan Bunda. Selain itu, kalau ada momen kumpul di rumah dengan keluarga besar, kue mangkok ini bisa jadi suguhan ketika hangat loh Bunda. Pasti momen kumpulnya makin seru dan makin enak. Kalau rasanya benar-benar enak dan banyak yang suka, Bunda bisa terima orederan resep kue mangkok ini. Lumayan untuk pemasukan keluarga sekalipun enggak keluar rumah.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat kue mangkok ini sederhana dan gampang kok dicari di sekitar kita. Untuk langkah membuatnya juga sederhana dan enggak terlalu repot kok Bunda. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep kue mangkok sendiri di rumah yang rasanya lembut dna manis.

Bahan-bahan:

  • 250 ml air
  • 150 gr gula pasir (saranku 120 gr saja)
  • 150 gr tepung beras
  • 2 sdm tepung terigu
  • 100 gr tape singkong yang lembek, manis, dan matang
  • 1 sdt ragi instant
  • 1 sdt baking powder
  • 3 lembar daun pandan

Langkah Membuat:

1. Panaskan air dan gula pasir. Aduk hingga gula larut (tidak perlu sampai mendidih) angkat. Biarkan hangat


2. Campur tepung beras dan tepung terigu. Tambahkan tape halus. Aduk rata (saya pake whisk)


3. Masukkan air gula hangat tadi sedikit demi sedikit sambil diaduk sampai rata. Tambahkan ragi instant, aduk rata


4. Tutup dengan serbet, diamkan, 40 menit. Adonan akan berbusa, MASUKKAN BAKING POWDER, aduk2 rata

5. Silahkan kalau mau ditambah pewarna makanan ya


6. Siapkan cetakan/cucing. CETAKAN TIDAK PERLU DIOLES MINYAK YA

7. Tuang adonan sampai penuh, kukus 15 menit dengan API BESAR (masukkan daun pandan ke air kukusan biar wangi)

8. Taraaa mekarr semua


9. Tips: aku bikin 2 percobaan, pertama cetakan tidak aku oles minyak sama sekali, hasilnya mekar semua kuenya. Nah yang kedua, cetakan coba aku oles sedikit minyak, hasilnya mingkem semua pemirsah tapi bukan berarti bantat ya, hanya nggak mau mekar aja ihihihi ini nih perbedaannya


10. Perhatikan baik-baik, jika memakai kukusan biasa (bukan klakat) selalu bungkus tutup kukusan dengan serbet ya supaya air tidak menetes ke kue, lalu gunakan api besar yaa dan jangan buka kukusan sebelum 15 menit. Goodluck


Nah, itulah beberapa cara dan bahan buat bikin resep kue mangkok sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti. Sederhana dan gampang buat dicoba kan Bunda? Untuk takaran rasa dan porsi bisa disesuaikan dengan keinginan Bunda. Bahkan Bunda juga membuat warna yang menarik agar kue mangkok ini juga terlihat lebih cantik. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber