Berlangganan

Resep Kerupuk Nasi Dari Nasi Sisa. Dijamin Enak Dan Renyah



Bagi kebanyakan orang Indonesia, kerupuk menjadi salah satu teman makan yang wajib ada. Kerupuk merupakan makanan ringan yang biasanya dibuat dari tepung tapioka dan dicampur sama beberapa bahan yang lainnya nih Bunda.

Tapi, karena banyaknya masyarakat Indonesia yang kreatif, jadinya kerupuk juga bisa dibuat dari bahan-bahan lainnya, misalnya saja nasi. Nasi yang digunakan juga nasi sisa kemarin, daripada harus dibuang ternyata juga bisa digunakan sebagai resep kerupuk nasi yang enak dan gurih loh Bunda. Kerupuk nasi juga udah mula terkenal dan banyak dijual di warung ataupun toko kecil kok Bunda. Lumayan kan Bunda memanfaatkan sisa nasi daripada harus dibuang.

Bunda bisa membuat kerupuk nasi sendiri di rumah, rasanya yang renyah pasti bikin keluarga makin suka makan dengan ditemani sama kerupuk nasi buatan Bunda. Selain bisa untuk suguhan keluarga, cocok juga kok Bunda kalau kerupuk nasi ini disuguhkan sebagai cemilan ketika hari raya. Enggak sedikit juga tamu yang makan kerupuk nasi buatan Bunda soalnya rasanya benar-benar enak. Kalau Bunda udah bisa bikin dengan porsi yang banyak, kerupuk nasinya bisa dijual. Kerupuk nasi dikemas dan bisa dijual di toko ataupun warung dekat rumah loh Bunda. Lumayan untuk tambahan penghasilan dari bahan nasi sisa yang diolah buat jadi resep kerupuk nasi enak dan gurih.

Bikin kerupuk nasi sendiri sebenarnya enggak susah dan cukup simpel kok Bunda. Bahan-bahan yang digunakan juga enggak susah dicari di sekitar kita. Untuk langkah membuatnya juga cukup gampang dan enggak makan banyak waktu. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep kerupuk nasi sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Langkah Membuat:

1. Siapkan semangkok nasi sisa kemarin yg sudah direndam air selama ±15 menit dan semangkok tepung tapioka (takarannya 1:1)


2. Blender nasi dgn sedikit air hingga halus


3. Masukkan bumbu halus (bawang putih, ketumbar, garam dan roy*o secukupnya) aduk rata


4. Masukkan tepung tapioka sedikit demi sedikit hingga adonan kalis


5. Kalau sudah kalis seperti ini, adonan siap dibentuk


6. Bentuk adonan sesuai selera (lumuri tangan dengan tepung tapioka saat membentuk adonan, biar tidak lengket ditangan)


7. Rebus air dan masukkan sedikit minyak goreng (agar adonan tidak lengket) setelah air mendidih masukkan adonan hingga mengapung (kalau sudah mengapung tandanya adonan sudah matang)


8. Rendam adonan dengan air dingin


9. Lalu tiriskan


10. Tunggu hingga agak dingin dan simpan adonan dalam kulkas semalaman (tujuannya untuk memudahkan proses pemotongan nanti)


11. Potong/iris adonan kerupuk tipis²


12. Jemur adonan kerupuk dibawah terik matahari hingga benar² kering


13. Setelah kering kerupuk siap untuk digoreng


14. Dan inilah hasilnya,, krispiiiii bgt


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep kerupuk nasi sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Gampang dan bisa diikuti kan Bunda? Untuk takaran prosinya bisa disesuaikan sama kebutuhan Bunda di rumah, dari bahan yang udah ada bisa ditambah ataupun dikurangi takarannya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber