Berlangganan

Resep Getuk Gulung Kelapa Parut. Enak dan Gurihnya Bikin Teringat Masa Lalu



Bunda udah pernah tahu tentang makanan getuk? Getuk sebenarnya termasuk makanan khas Indonesia yang dibuat dari bahan ketala pohon atau singkok. Getuk sendiri jadi makanan yang sering ditemukan di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Untuk membuat getuk ini memang enggak terlalu sulit, tapi sayangnya makanan khas dari Indonesia yang satu ini mulai kurang peminatnya karena semakin banyak juga makanan yang berkembang di Indonesia. Untuk itu, belakangan ini para pembuat getuk mencoba untuk memberikan bentuk yang unik dengan getuk gulung. Warnanya yang cantik seperti bolu membuat makanan ini semakin menarik loh. Bunda bisa coba bikin resep getuk gulung di rumah.

Menyajikan getuk gulung untuk keluarga bisa jadi cemilan yang cukup enak kok Bunda. Apalagi untuk anak-anak yang mungkin kurang suka ataupun kurang tahu makanan getuk. Memberikan variasi dengan warna dan bentuk yang cantik dengan getuk gulung bisa membuat mereka suka loh. Selain untuk sajian keluarga, resep getuk gulung ini juga cocok kok digunakan untuk acara pengajian ataupun hajatan sebagai suguhan. Pasti banyak yang suka deh Bunda, apalagi kalau di daerah asal Bunda belum pernah ada yang membuat getuk sebelumnya. Kalau rasanya enak bisa jadi peluang usaha di rumah, lumayan untuk menambah penghasilan keluarga tanpa harus meninggalkan rumah. Jadi Bunda bisa terima pesanan buat getuk gulung sendiri di rumah.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat getuk gulung sebenarnya enggak susah dan gampang dicari. Langkah membuatnya juga cukup sederhana dan enggak bakalan bikin Bunda capek kok. Berikut ini bahan dan langkah buat bikin resep getuk gulung sendiri di rumah yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

  • 1 kg singkong, kupas lalu kukus sampai matang
  • 90 gr gula pasir
  • 2 sdm peres margarin
  • 1/8 sdt vanilla susu (merk L'arome), optional
  • Secukupnya pasta/pewarna makanan (saya pakai pewarna ungu)
  • Bahan taburan (kukus 15 menit):
  • 1/2 butir kelapa, parut
  • 1/4 sdt garam
  • 1 lembar daun pandan

Langkah Membuat:

1. Kukus singkong sampai matang, angkat. Dalam kondisi masih panas, haluskan singkong lalu campur dengan margarin, gula, dan vanilla, aduk (uleni) sampai tercampur rata.(Bisa pakai food processor atau ulekan)

2. Bagi adonan menjadi 2. Satu biarkan polos, satunya lagi beri pewarna ungu, uleni sampai warna tercampur rata.

3. Gilas tipis adonan yang dialasi dengan 2 buah plastik. (1 plastik di bawah adonan, 1 plastik lagi di atas adonan. Gilas menggunakan rolling pin. Bentuk persegi panjang dengan ukuran yang sama.


4. Ambil plastik yang menempel di adonan, kecuali yang di bagian bawah adonan putih. Tumpuk adonan yang sudah digilas dambil ditekan-tekan supaya menempel. (Adonan putih di bagian bawah dan adonan ungu di atasnya).


5. Gulung adonan pelan-pelan sambil dipadatkan dengan tangan. (Bisa juga dipadatkan dengan bantuan scraper seperti gambar)


6. Adonan selesai digulung.


7. Potong-potong getuk.


8. Taburi dengan kelapa parut yang sudah dikukus.


9. Getuk gulung siap disajikan.


Nah, itulah bahan dan langkah buat bikin resep getuk gulung sendiri di rumah yang bisa Bunda coba. Sederhana dan gampang buat diikuti kan Bunda? Bunda bisa loh bikin menu yang satu ini buat bekal kerja suami atau buat bekal adek di sekolah. Tinggal dibagiin deh ke temen-temennya. Untuk takaran rasa dan porsi sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan Bunda, entah mau ditambah ataupun dikurangi takaran bahannya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber