Berlangganan

Resep Brownis Kukus Sederhana Tapi Istimewa. Jadinya Empuk Banget!



Bunda pasti udah enggak asing lagi dong dengan kue brownis? Makanan ini udah populer banget dan cukup lama disukai banyak orang. Kalau dulu brownis sempat heboh dan jadi makanan yang paling mewah, mungkin sekarang udah enggak terlalu begitu. Kenapa? Karena udah banyak orang yang bisa buat brownis sendiri di rumah.

Brownis atau sebuah makanan yang dibuat dari cokelat ini biasanya dimasak dengan cara dioven ataupun dikukus. Sebenarnya udah ada cukup lama jadi enggak heran kalau mulai banyak yang bisa bikin sendiri di rumah. Bund juga bis kok bikin resep brownis kukus sendiri di rumah.

Brownis ini bisa jadi suguhan ketika hari lebaran atau hari besar dengan keluarga Bunda. Pasti rasanya jauh lebih spesial karena suguhannya juga spesial. Enggak cuma itu, tapi Bunda juga bisa bikin brownis ini sebagai suguhan ketika sedang ada hajatan loh. Para tamu undangan pasti juga suka karena brownis punya rasa manis. Selain di masak dengan oven, Bunda juga bisa kok bikin dengan cara dikukus dan rasanya enggak jauh beda loh Bunda bahkan rasanya bisa lebih empuk dan enak kok. Bikin sendiri di rumah saja, soalnya juga pasti lebih irit daripada harus beli. Resep brownis kukus juga gampang kok bikinnya.

Untuk bahan-bahan dari brownis sebenarnya gampang dicari di toko bahan kue Bunda. Terus langkah bikinnya juga gampang diikuti dan enggak makan waktu yang banyak kok. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep brownis kukus sendiri di rumah yang bisa Bunda ikuti dan coba di rumah.

Bahan-bahan:

Bahan 1:

  • 6 butir telur
  • 225 gr gula pasir
  • 1 sdt emulsifier/sp/ovalett
  • 1/2 sdt garam

Bahan 2:

  • 125 gr tepung terigu
  • 50 gr coklat bubuk kualitas baik
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanilla susu *bisa diskip

Bahan 3:

  • 100 ml minyak goreng
  • 75 gr butter/margarin
  • 100 gr dark cooking chocolate (DCC)

Bahan 4:

  • 75 ml susu kental manis (2 sachet)

Langkah Membuat:

1. Lelehkan bahan 3 dengan api kecilll. Jgn sampe mendidih ya, ketika coklat sdh leleh segera angkat.


2. Mixer bahan 1 sampai mengembang, kental, dan berjejak menggunakan kecepatan tinggi. Sekitar 10-15menit


3. Masukkan bahan 2 dengan cara diayak, lalu aduk balik menggunakan spatula hingga rata.


4. Ambil kira" 5 sdm adonan, campur dengan bahan 3 yg sudah dilelehkan tadi. Aduk rata.


5. Masukkan ke dalam adonan awal.. Aduk balik semua hingga rata. Jangan overmix ya tapi usahakan jgn sampe ada yg mengendap.


6. Ambil sekitar 8 sdm adonan, aduk rata bersama bahan 4. Ini akan kita jadikan lapisan tengah brownies.


7. Sisa adonan dibagi 2 sama rata. Tuang 1 bagian kedalam loyang yg sudah dioles margarin + tabur tepung atau oles dg carlo..


8. Kukus lapis pertama selama 20 menit. Buka kukusan, tuang lapis kedua (yg dicampur SKM) lalu kukus 15 menit. Terakhir tuang lapis ketiga. Kukus selama 20 menit/hingga matang.


9. Angkat dari kukusan, keluarkan brownies dari loyang ketika sudah mulai dingin.. Agar tidak hancur.


10. Potong2 brownies lalu sajikan


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep brownis kukus sendiri di rumah Bunda. Simpel dan gampang dicoba di rumah kan? Untuk takaran rasa dan takaran porsi bisa kok disesuaikan sama kebutuhan dan selera Bunda di rumah. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber