Berlangganan

Resep Bolu Zebra Kukus Lembut. Nikmat Penuh Kenangan...



Jadi ibu rumah tangga emang enggak jauh dari beberapa kehidupan di dapur, mulai dari memasak untuk menu makanan keluarga sampai bikin kue. Buat para Bunda yang suka masak dan bikin kue pasti sering mencoba beberapa resep untuk sajian keluarga di rumah atau untuk acara lainnya. Nah, salah satu kue yang sering dibuat sama para Bunda biasanya kue bolu.

Kue bolu memang identiknya dengan dipanggang, tapi enggak sedikit juga kok yang dikukus biar lebih gampang. Rasanya juga enggak kalah enak dan empuk dengan yang dipanggang. Banyak juga jenis kue bolu yang bisa dicoba, mungkin salah satunya ada resep bolu zebera kukus yang udah dari dulu ada dan tetap populer sampai sekarang.

Banyak para Bunda yang bikin bolu kukus soalnya rasanya juga enak dan gampang bikinnya. Bolu zebra ini cocok disuguhkan dalam banyak agenda loh Bunda. Misalnya saja kalau punya hajatan di rumah, daripada harus membeli, Bunda juga bisa kok membuat resep bolu zebera kukus sendiri untuk sajian para tamu undangan. Rasanya yang manis dan empuk pasti membuat para tamu jadi ketagihan. Selain itu, Bunda juga bisa bikin kue ini untuk suguhan ketika ada momen besar kumpul dengan keluarga seperti lebaran atau acara yang lainnya.

Bahan-bahan yang digunakan buat bikin bolu zebra ini benar-benar gampang dicari di sekitar kita loh Bunda, soalnya bahannya seperti membuat beberapa kue lainnya. Langkah membuatnya juga enggak lama dan enggak bikin capek kok. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep bolu zebera kukus sendiri di rumah yang bisa diikuti.

Bahan-bahan:

  • 4 butir telur
  • 150 gr gula pasir
  • 1 sdt emulsifier
  • 300 gr tepung terigu
  • 1 sdm baking powder (aku 1 sdt)
  • 200 ml susu cair
  • 200 ml minyak sayur
  • 2 sdm coklat bubuk

Langkah Membuat:

1. Siapkan loyang bulat 20cm. Olesi mentega dan taburi tepung. Panaskan kukusan api sedang.

2. Kocok telur, gula pasir, dan emulsifier sampai kental berjejak.


3. Masukkan terigu & baking powder sambil diayak, diselingi dengan susu cair. Aduk balik perlahan sampai rata.


4. Ambil sedikit adonan, campur dengan minyak sayur. Aduk rata.


5. Tuang adonan minyak ke adonan sebelumnya, aduk rata sampai homogen (cara ini bertujuan supaya minyak mudah tercampur dan tdk overmix)


6. Bagi 2 adonan. Yang satu beri coklat bubuk, aduk rata.


7. Tuang ke loyang bergantian di satu titik yang sama. Satu kali tuang aku 1 sendok sayur. Lakukan sampai habis.


8. Kukus dengan api sedang 45 menit sampai matang. Angkat.


9. Segera keluarkan dari loyang, tunggu dingin baru dipotong2 kalau mau rapi😊 aku potong pas panas2 jadinya gempil2 deh


10. Menul-menul montok kuenyaa


11. Lembutt, enak gak seret lho


12. Selamat mencoba!


Nah, itulah beberapa bahan dan langkah buat bikin resep bolu zebera kukus sendiri di rumah. Cukup sederhana kan Bunda? Untuk takaran rasa dan porsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda juga selera dari takaran bahan yang udah ada. Semoga bermanfaat Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber