Berlangganan

Resep Bolu Tape Panggang Empuk. Simpan Di Kulkas Jadi Tambah Enak!



Membuat kue memang menjadi salah satu aktivitas yang sering dilakukan para ibu rumah tangga. Barangkali begitu juga dengan Bunda di rumah yang mungkin sering mencoba membuat beberapa macam kue. Nah, Bunda bisa mencoba untuk membuat resep bolu tape panggang.

Sekalipun bukan jenis kue kering, tapi kue bolu juga punya rasa yang enak loh Bunda. Apalagi kalau bikin dengan rasa tape yang unik dan enak, pasti banyak yang suka. Sebenarnya kue bolu udah dari dulu ada di Indonesia, tapi rasanya memang bervariasi dan salah satunya rasa tape yang banyak disukai.

Kalau bikin bolu tape panggang ini bisa disuguhkan untuk acar kumpul keluarga ketika ada hari besar seperti lebaran ataupun arisan keluarga. Rasanya yang unik dan empuk tentu saja membuat semua keluarga senang menyantapnya. Belum lagi ngobrolnya juga akan terasa lebih santai dengan cemilan ini loh Bunda. Selain itu, Bunda juga bisa kok kasih resep bolu tape panggang ini untuk acara hajatan. Entah mau disuguhkan pada para tamu ataupun digunakan sebagai oleh-oleh tamu undangan yang datang ke hajatannya Bunda. Dijamin pasti banyak yang suka deh Bunda. Untung-untung kalau bisa jadi bisnis dan banyak yang pesan di Bunda. Lumayan untuk tambahan penghasilan tanpa harus meninggalkan rumah kan Bunda?

Kalau mau bikin bolu tape panggang bahannya enggak susah kok Bunda, hampir sama membuat bolu biasanya dan bahannya gampang dicari di toko kue. Langkah membuatnya juga sederhana dan enggak terlalu lama. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep bolu tape panggang sendiri di rumah yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

  • 4 buah telur ayam
  • 250 gr gula pasir
  • 1 sdt sp (cake emulsifier)
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 250 gr tape (buang sumbunya)
  • 5 sdm susu kental manis
  • 100 ml santan kental
  • 200 gr margarin (dilelehkan)
  • Secukupnya keju parut (utk topping)

Langkah Membuat:

1. Mixer dengan speed tinggi telur ayam, gula pasir dan sp, sampai mengembang, putih dan kaku selama 10 menit


2. Campur jadi satu tepung terigu, baking powder dan vanili lalu ayak, tambahkan sedikit-sedikit ke dalam adonan telur, mixer dengan speed rendah (jangan lama, asal tercampur rata saja)


3. Campur jadi satu tape, susu kental manis dan santan, lumatkan tape sampai benar-benar hancur


4. Lalu tambahkan ke dalam adonan tepung dan telur tadi, aduk pelan menggunakan sendok/spatula

5. Lalu tambahkan margarin cair, aduk balik menggunakan sendok/spatula, pelan-pelan juga ya supaya adonan tidak kempis

6. Panaskan baking pan terlebih dulu, lalu oleskan loyang dengan carlo/pengoles loyang, masukkan adonan bolu ke dalam loyang, hentakan biar rata, panggang dengan api kecil dengan lubang pada pinggiran pan tertutup

7. Bila adonan sudah mengembang taburi dengan keju parut, panggang lagi dengan lubang pada pinggiran pan terbuka, tes kematangan dengan tusuk gigi, bila sudah tidak ada yang menempel berarti sudah matang, matikan api, biarkan dingin


8. Setelah dingin keluarkan bolu dari loyang


9. Potong sesuai selera, siap dihidangkan. Di simpan di lemari es, di makan keesokan hari rasa tapenya lebih mantap loh


Nah, itulah beberapa bahan dan langkah bikin resep bolu tape panggang yang bisa Bunda ikuti biar rasanya lebih enak. Simpel kan Bunda? Untuk takaran rasa dan juga takaran porsi bisa disesuaikan dengan selera juga kebutuhan Bunda di rumah. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber