Berlangganan

Resep Bolu Marmer Keju Coklat Panggang. Cocok Untuk Semua Acara. Dijamin Laris!



Bikin kue menjadi salah satu hal yang bisa Bunda lakukan ketika ada beberapa momen besar nih. Banyak banget jenis kue yang bisa dicoba, salah satunya coba bikin bolu marmer. Sebenarnya jenis bolu marmer udah dari dulu ada di Indonesia dan sering digunakan para Bunda untuk sajian.

Tapi dengan perkembangan jaman, enggak sedikit juga kok kreasi dari kue marmer yang lebih enak. Misalnya saja bikin resep bolu marmer keju coklat panggang. Bolu marmer enggak jauh beda dari beberapa jenis bolu lainnya, cuma warnanya saja yang kelihatan lebih mirip marmer. Nah, Bunda bisa coba bikin bolu marmer keju coklat yang rasanya enak. Rasanya yang enak bikin cepat habis. Jadi pasti bakalan laris nih buat disuguhkan.

Kalau bikin bolu marmer keju coklat bisa digunakan untuk sajian dalam banyak acara loh Bunda. Misalnya saja disuguhkan untuk acara kumpul keluarga ketika lebaran. Selain jajanan dengan kue kering dan snack, menyajikan bolu marmer juga enggak kalah enaknya kok dan dijamin pasti banyak yang suka. Selain itu, Bunda juga bisa menyuguhkan untuk para tamu undangan kalau punya hajatan di rumah. Bikin resep bolu marmer keju coklat panggang jauh lebih irit daripada harus beli loh Bunda. Apalagi kalau bikinan Bunda rasanya spesial, bisa jadi lahan buat bisnis, lumayan untuk tambahan pemasukan Bunda di rumah.

Untuk bahan-bahan yang digunakan enggak jauh beda sama bikin bolu biasanya kok Bunda, jadi gampang banget dicari di toko bahan kue terdekat. Sedangkan langkah bikinnya juga simpel dan enggak ribet. Berikut ini ada bahan sama langkah buat bikin resep bolu marmer keju coklat panggang sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 250 gr tepung terigu
  • 1 sdt baking powder
  • 1/2 sdt vanili bubuk
  • 200 gr margarin (dilelehkan)
  • 200 gr keju parut
  • 100 ml santan kental
  • 5 sdm susu kental manis
  • 4 butir telur ayam (suhu ruang)
  • 1 sdt sp (cake emulsifier)
  • 250 gr gula pasir
  • 2 sdm coklat bubuk
  • Secukupnya kenari
  • Secukupnya carlo/pengoles loyang

Langkah Membuat:

1. Campur jadi satu tepung terigu, baking powder dan vanili bubuk, ayak, sisihkan


2. Lelehkan margarin, biarkan dingin, sisihkan


3. Campur keju parut, santan dan susu kental manis aduk dengan whisker hingga rata, sisihkan


4. Mixer dengan speed rendah telur dan sp hingga berbusa lalu tambahkan gula pasir (3 tahap) mixer dengan speed tinggi sampai kaku


5. Lalu tambahkan campuran tepung tadi sedikit demi sedikit, mixer dengan speed rendah, jangan terlalu lama, asal rata saja


6. Lalu tambahkan campuran keju, mixer dengan speed rendah sebentar saja


7. Kemudian tambahkan margarin cair, aduk balik perlahan dengan spatula hingga tercampur rata


8. Ambil 1/3 adonan, tambahkan dengan coklat bubuk, aduk rata


9. Panaskan alas baking pan, lalu olesi loyang dengan carlo atau pengoles loyang

10. Masukkan ke dalam loyang adonan putih, lalu tambahkan adonan coklat, bikin motif dengan menggunakan sumpit, beri taburan kenari, lalu hentakan biar adonan rata


11. Panggang menggunakan api kecil dengan lubang pinggiran pan tertutup, setelah -/+ 45 menit buka lubang pada pinggiran pan panggang lagi sebentar, tes kematangan dengan tusuk gigi (bila sudah tidak ada yg menempel berarti sudah matang)

12. Setelah agak dingin, keluarkan bolu dari loyang


13. Potong sesuai selera, siap dihidangkan


Nah, itulah beberapa bahan sama langkah bikin resep bolu marmer keju coklat panggang sendiri di rumah Bunda. Sederhana dan enggak ribet kan? Untuk takaran porsi dan rasa bisa disesuaikan dengan selera Bunda di rumah. selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber