Berlangganan

Resep Bolu Gulung Rasa Nanas Keju. Seger, Tapi Juga Lembut Di Mulut



Di Indonesia, beberapa jenis kue mungkin udah enggak asing lagi disajikan. Misalnya saja bolu gulung yang tentunya Bunda juga udah tahu dong. Bolu gulung merupakan kue yang dipanggang dengan menggunakan loyang tipis, kemudian diberi isian dan digulung.

Kue ini belakangan ini banyak disukai dengan variasi yang bermacam-macam. Salah satu variasi bolu gulung dengan rasa nanas dan keju yang banyak disukai. Rasanya memang enak memadukan keju dan buah nanas sebagai isian dari bolu gulung ini. Sekalipun banyak yang menjual bolu gulung, tapi resep bolu gulung rasa nanas keju ini lebih spesial kalau disuguhkan untuk keluarga di rumah.

Kalau mau bikin kue bolu gulung sendiri di rumah, kue harus segera digulung ketika masih panas. Biasanya ketika baru diangkat dari oven harus segera digulung biar enggak patah dan rusak. Bolu gulung rasa nanas dan keju ini cocok disajikan untuk acara kumpul keluarga atau ketika lebaran loh Bunda. Selain itu, Bunda juga bisa menyajikan sebagai oleh-oleh para tamu ketika ada hajatan di rumah. Tentu saja para tamu pasti akan suka karena resep bolu gulung rasa nanas keju yang dibuat Bunda rasanya lebih spesial. Kalau rasanya enak, bisa juga jadi ajang bisnis Bunda dengan pemesanan dari teman-teman dan sanak saudara. Lumayan untuk tambahan penghasilan Bunda.

Bahan-bahan yang digunakan ketika membuat kue bolu rasa nanas dan keju ini enggak beda jauh dengan kue biasanya kok Bunda, jadi bahannya gampang dicari. Kalau untuk langkah membuatnya juga gampang dan enggak makan banyak waktu kok. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep bolu gulung rasa nanas keju sendiri di rumah yang bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 3 sdm margarin (lelehkan, lalu dinginkan suhu ruang)
  • 3 butir telur ayam
  • 3 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt sp (cake emulsifier)
  • 3 sdm tepung terigu
  • 1 sdm tepung maizena (resep asli tidak pakai)
  • 1 sdm susu bubuk (resep asli tidak pakai)
  • Secukupnya selai nanas
  • Secukupnya keju parut
  • Secukupnya kertas roti (buat ngegulung)

Langkah Membuat:

1. Mixer telur ayam, gula pasir dan sp dengan speed tinggi hingga putih dan kaku


2. Tambahkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk sembari di ayak, aduk dengan spatula


3. Lalu tambahkan margarin cair aduk lipat perlahan dengan spatula hingga tercampur rata


4. Siapkan happycall olesi dengan margarin beri lambaran kertas roti olesi lagi dengan margarin, lalu tuang adonan


5. Panggang dengan api kecil, kurang lebih 15 menit. (Lama pemanggangan tergantung oven masing-masing)


6. Setelah matang angkat bolu dari happycall, lalu lepaskan perlahan kertasnya sembari bolunya digulung (pelan2 jangan sampai patah)


7. Setelah kertasnya tidak ada lagi yang menempel pada bagian bawah bolu, kembalikan bolu ke posisi semula, olesi dengan selai nanas dan beri parutan keju


8. Lalu gulung perlahan-lahan dengan bantuan kertas roti sembari dipadatkan, diamkan hingga dingin


9. Potong sesuai selera, siap dihidangkan


10. Cerita sedikit : Waktu pertama kali bikin, aku gak pakai alas kertas roti, kesusahan pas mau angkat bolu dari happycall nya yang ada jadinya patah belum diapa2in tapi tekstur kulit luarnya dapat. Terus coba bikin lagi aku pakein alas kertas roti jadi gampang pas angkatnya, tapi ya gitu gak dapat tekstur kulit luarnya. Gak apa2 deh yang penting bisa digulung dan hasilnya lembut

Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep bolu gulung rasa nanas keju sendiri di rumah yang bisa diikuti. Sederhana dan enggak ribet kan Bunda? Untuk takaran porsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber