Berlangganan

Resep Ayam Geprek Pedas Enak. Makan Pun Langsung Lahap



Belakangan ini banyak juga jenis makanan baru yang makin banyak disukai masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah ayam geprek yang juga dibuat sebuah peluang bisnis oleh artis Indonesia Ruben Onsu. Mungkin sekilas banyak yang mengira kalau ayam geprek ini sama dengan ayam penyet.

Tapi sebenarnya berbeda, soalnya kalau ayam geprek ini dibaluri dengan tepung kemudian di bagian atasnya diberi sambal dan dipenyet. Sedangkan ayam penyet dimasak tanpa menggunakan tepung. Nah, makanan ini banyak yang suka karena memang rasa sambelnya dan tepung pada ayam yang khas dan enak. Bunda juga bisa bikin resep ayam geprek ala Bensu sendiri di rumah tanpa harus membelinya.

Bikin ayam geprek untuk menu makan keluarga di rumah pasti benar-benar enak, dan keluarga bisa senang dengan masakan Bunda. Caranya yang simpel membuat masakan ini sering dijadikan menu sehari-hari tapi siapa yang sangka kalau ayam geprek juga bisa digunakan untuk menu makanan hajatan loh Bunda. Biasanya digunakan sebagai oleh-oleh tamu yang datang, entah pada hajatan ataupun pengajian di rumah. Pasti banyak yang suka dengan rasa resep ayam geprek ala Bensu yang dibuat sendiri oleh Bunda. Bahkan enggak jarang mereka mengira itu ayam geprek yang dibeli di rumah makan ayam geprek Bensu.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat ayam geprek enggak banyak dan gampang dicari di sekitar kita kok Bunda. Engggak cuma itu, tapi langkah membuatnya juga sederhana dan enggak butuh waktu lama. Berikut ini bahan dan langkah buat bikin resep ayam geprek ala Bensu sendiri di rumah yang bisa dicoba.

Bahan-bahan:

  • 2 potong ayam; bagian paha dan dada ayam
  • 1 butir telur
  • 5 sendok tepung terigu
  • 3 sendok tepung maizena
  • 3 siung bawang putih
  • Secukupnya merica
  • Secukupnya garam
  • Secukupnya minyak goreng
  • 1 batang daun kemangi

Sambal:

  • 22 buah cabe rawit
  • 2 siung bawang putih, digoreng
  • Secukupnya garam

Langkah Membuat:

1. Masukkan ayam. Tambahkan bawang putih halus, merica, dan garam. (Bisa menambahkan bumbu penyedap jika Anda sukai) Oh iya maaf, mericanya terlihat seperti ketumbar yaa. karena stok merica bubuk habis alhasil pakai merica asli dan males diulek sampai halus �ぴ


2. Remas-remas ayam, sampai bumbu tercampur rata dan teresap. Tinggalkan selama kurang lebih 2 jam (semakin lama semakin baik, agar bumbu meresap pada ayam)


3. Setelah Anda merasa bumbu telah meresap, masukkan 1 butir telur. Kocok hingga semua permukaan ayam terlumuri telur


4. Siapkan tepung terigu dan tepung maizena, campurkan. Lalu masukkan ayam yang telah dilumuri telur kedalam tepung. Pastikan semua permukaan ayam tertutupi tepung yaa.


5. Setelah minyak goreng panas, masukkan ayam. Goreng ayam dengan api kecil agar ayam matang sampai didalamnya. Goreng sampai berubah warna menjadi kuning keemasan lalu balik perlahan.


6. Tunggu sampai kedua sisi ayam matang dan berubah menjadi kuning keemasan. Lalu tiriskan. (Bisa juga dijadiin resep ayam krispi hihi)


7. Sambel: masukkan bawang putih yang telah di goreng, cabe, garam. Ulek sampai halus. Tambahkan 2 sendok minyak goreng panas bekas menggoreng ayam.


8. Geprek ayam pada sambel. Berikan daun kemangi jika Anda suka. Ayam geprek pedas siap disantap!


9. Jika ingin ikutin makanan kekinian, bisa ditambahin keju parut atau lelehan keju mozarella yaa


Nah, itulah bahan sama langkah buat bikin resep ayam geprek ala Bensu sendiri di rumah yang bisa dicoba. Gampang dan bisa diikuti di rumah kan Bunda? Untuk takaran rasa dan porsi bisa disesuaikan dengan kebutuhan juga selera Bunda di rumah ya. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber