Berlangganan

Sayur Asem Rumahan Seger. Makin Nampol Pake Ikan Asin dan Tempe Goreng



Sayuran apa nih yang paling seger dan cocok dimakan kapanpun? Nggak sedikit kok yang jawabannya sayur asem. Sayur ini bener-bener salah satu sayuran khas Indonesia. Bahkan, sayur asem sendiri banyak loh variasinya, tergantung masing-masing daerah. Misalnya nih kalo orang Betawi yang ada di Jakarta, punya sayur asam Jakarta. Kalo yang lain juga ada sayur asam ikan asin, atau sayur asam kangkung.

Umumnya, sayur asem dibuat dengan berbagai bahan seperti kacang tanah, melinjo, belimbing sayur, nangka muda, labu siam, kacang panjang, serta asam jawa. Bahkan, mungkin Bunda juga sering ngeliat sayur asem pakai tambahan jagung.

Kenapa nih harus cobain bikin sayur asem di rumah? Selain rasanya yang manis dan asem, ternyata sayur asem ini bener-bener seger. Nah, agar lebih nampol lagi nih, sebaiknya pasangkan sayur asem dengan lauk kering ya Bun. Misalnya gorengan kayak tempe goreng, atau juga lalapan. Mau yang lebih maknyus lagi, Bun? Sajikan sayur asem dengan sambalnya ya.

Sekilas, kalo dilihat nih ya, sayur asem itu mirip banget sama tom yam. Nah, tom yam sendiri adalah kuliner ala Thailand. Tapi, bedanya sih sayur asam punya banyak sayur-sayuran, jadi nggak pakai makanan laut.
Kalo Bunda lagi belajar masak nih, dan lagi bingung gimana caranya bikin sayur asem yang seger banget, bikin ketagihan siapapun yang mengonsumsinya, Bunda tinggal cobain deh resep dan langkah membuat berikut. Sebelum mulai masak, ada baiknya Bunda cek dulu semua bahan yang dibutuhkan. Biar pas tengah-tengah masak, nggak ada yang kelupaan. Kan ribet nanti jadinya. Oh iya, resep berikut cocok buat Bunda yang mau bikin sayur asem dengan total 4 porsi. Kalo mau bikin banyak atau lebih, Bunda tinggal dobelin aja deh masing-masing bahan yang dibutuhkan ya. Nah. Selamat mencoba ya!

Bahan-bahan:

3 buah labu siam

3 buah jagung manis

100 gram daun takil

3 sdm asam jawa kental

1 sdt gula

300 ml air

secukupnya garam

bumbu halus :

1 buah terasi

8 butir bawang merah

4 butir bawang putih

1 sdm ebi kering

Langkah Membuat:

1. Bakar terasi. Kemudian haluskan bumbu.

2. Cuci bersih labu siam hingga getahnya hilang. Lalu potong dadu


3. Rebus hingga setengah matang dan tiriskan.


4. Rebus jagung hingga tenggelam


5. Masukman bumbu halus.


6. Masak hingga matang


7. Masukkan labu siam yang sudah direbus. Bumbui dengan asam, gula dan garam kemudian tes rasa.


8. Masukkan daun takil. Jangan skip ya daun takil nya. Karena ini ciri khas rasa sayur asem.


9. Matikka api jika daun takil sudah agak layu.


10. Selamat mencoba


Gimana Bun? Gampang juga kan bikinnya. Bahan-bahannya itu loh nggak bakalan bikin kantong bolong. Selain buat belajar, Bunda juga bisa buat sayur asem di atas sebagai koleksi menu terbaru di rumah. Jadi orang rumah nggak bosen deh, soalnya ada menu baru yang disantap.

Sumber