Berlangganan

Resep Udang Saus Telur Asin. Lembut, Gurih Dan Lumer Di Mulut



Udang saus telur asin barangkali bukan menu yang cukup khas di kota Bunda ya. Tapi, bukan berarti nggak boleh cobain menu yang satu ini lho. Yup, udang saus telur asin sekarang nih lagi ngehits. Untuk yang nggak alergi udang dan telur, dua bahan tersebut bisa diolah jadi makanan apapun, mulai dari digoreng dengan bumbu yang gurih atau pedas.

Nah, udang sendiri adalah binatang yang hidupnya di sungai, laut, serta danau. Bahkan, kalo ada genangan air yang cukup besar kayak di air payau, atau air tawar, bisa dipastikan kalo ada udang disana. Selain bisa diolah buat jambalaya, scampi, bagoong, okonomiyaki, dan poo choi, ternyata udang juga bisa kok diolah menjadi udang saus telur asin.

Kenapa sih harus makan udang? Udang sebagai salah satu jenis makanan laut nih ternyata banyak manfaatnya, loh Bun. Faktanya, udang punya kandungan kalsium dan protein yang tinggi banget. Cuman, Udang ini memberikan energi yang rendah. Disisi lain, Makanan dengan olahan udang dipastikan bisa menjadi sumber kolesterol.

Kalo mau cobain bikin resep udang saus telur asin, Bunda tinggal ikutin aja resepnya berikut. Pastikan dulu kalo semua bahannya sudah komplit ya sebelum ready untuk masaknya. Jadi, Bunda wajib cek semua bahan yang sudah Bunda siapkan biar nggak ada bahan yang kelupaan. Untuk bikin udang saus telur asin ini dibutuhkan waktu 20 menit.

Sedangkan kalo ngikutin resep berikut, Bunda bisa bikin dua porsi. Jadi, kalo ada mertua atau keluarga lainnya yang mau dateng ke rumah nih dan Bunda mau bikin udang saus telur asin, sebaiknya resepnya didobel porsinya ya. Selamat mencoba Bun!

Bahan-bahan:

  • 300 gram udang
  • 1 butir telur bebek
  • 4 buah cabe merah keriting (iris serong)
  • 1 buah cabe rawit
  • 2 sdm saus tiram
  • 4 sdm saus cabai
  • 2 sdm margarin
  • 3 sdm air
  • secukupnya garam,gula dan merica

Langkah Membuat:

1. Cuci bersih udang. Lumuri dengan jeruk. Lalu rebus dengan sedikit garam. (Ini foto rebus pas dibangka)


2. Aslinya jumbo sesudah direbus jd menyusut. Warna merah nya alami ketika udang matang.


3. Siapkan bahan. Iris cabai dan bawang merah


4. Tumis bawang merah hingga agak kecoklatan dan cabai merha keriting.


5. Masukkan saus tiram dan saus cabai.


6. Masukkan sedikit air. Bumbui dan tes rasa. Masak hingga bunbu meresap.


7. Kocok lepas telur bebek. Lalu masukkan aduk hingga rata. Masak hingga mengental. Lalu sajikan.


8. Setelah matang. Sajikan. Gurih,melt dimulut dan tekstur telurnya lembut sekali.


Gimana Bun? Gampang kan? Bikin udang saus telur asin bakalan bikin keluarga berselera loh makannya. Bahkan bisa terus nambah makannya. Selain sedap, tekstur telurnya begitu lembut. Sedangkan udangnya menambah rasa gurih dan nikmat. Apalagi, bisa melumer di mulut. Yuk, cobain bikin resep udang saus telur asin di atas. Pasti deh bikin keluarga senang dan pengen dimasakin kayak gini lagi di kemudian hari.

Sumber