Berlangganan

Resep Tahu Isi Tauge. Simple Tapi Enak, Crispy Banget!



Selain tahu bakso, tahu bacem, tahu campur, perkedel tahu, kerupuk tahu, tahu krispi, tahu pedes, dan tahu guling, Bunda juga bisa kok bikin menu lainnya dari tahu, seperti tahu isi tauge. Tahu merupakan makanan hasil endapan biji kedelai yang diperas dan sudah mengalami proses koagulasi. Tahu ini bukan bahan makanan asli Indonesia loh. Faktanya, tahu sendiri asalnya dari Tiongkok, sama seperti bakso, bakpau, tauco, dan juga kecap. Disebut tahu karena berasal dari bahasa serapan hokkian (tauhu).

Tahu dimasak kayak gimanapun tetep enak. Nah, kita harus berterimakasih nih sama penemunya, yaitu Liu An yang menemukannya lebih dari 2200 tahun lalu. Di Indonesia sendiri nih, tahu memiliki indigenisasi. Jadi nggak heran ya kalo banyak varian tahu yang ada, mulai dari warna putih sampe warna kuning.

Kenapa nih wajib cobain bikin tahu isi tauge? Tauge atau kecambah sendiri adalah tumbuhan muda dan merupakan salah satu sumber pangan. Kecambah yang masuk golongan sayur-sayuran itu ternyata manfaatnya banyak loh. Selain kaya dengan vitamin E, kecambah juga memiliki kandungan maltosa, kandungan yang lebih rendah kalorinya jika dibandingkan dengan sukrosa. Nggak heran ya kalo kecambah jelai juga dipakai buat bahan minuman yang sehat.

Selain kaya dengan vitamin E, kecambah juga punya kadar lemak yang rendah, vitamin C yang tinggi, bahkan memperkecil resiko adanya penyakit kaardiovaskular loh. Nah, dengan berbagai manfaat tersebut, Bunda bisa kok pakai tauge atau kecambah buat isian tahu.

Gimana sih cara bikin tahu isi tauge? Jangan kuatir Bun, di resep berikut, Bunda bisa belajar kok gimana cara bikinnya supaya jadinya lezat, gurih, tapi bikinnya simple. Tinggal simak resep berikut, ikuti langkah membuatnya, dijamin pasti berhasil. Selamat mencoba ya Bun!

Bahan-bahan

  • 10 buah tahu kuning
  • 200 gram tauge / kecambah
  • 10 buah cabe hijau kecil

bumbu halus :

  • 3 buah bawang merah
  • 2 buah bawang putih
  • 5 buah cabe merah besar
  • 1 sdm bumbu ayam kuning instan
  • secukupnya garam, merica dan air
  • minyak untuk menggoreng

bahan balur :

  • 8 sdm tepung
  • secukupnya garam dan merica
  • secukupnya air hingga kental pas

Langkah Membuat:

1. Goreng tahu hingga matang


2. Haluskan bumbu. Lalu masukkan tauge dan sedikit air. Bumbui dan tes rasa. Masak hingga agak air menyusut.

3. Belah pasa tengah tahu lalu masukkan tauge sampe agak buncit biar terlihat ga kempes dan cantik saat matang.


4. Campur tepung dengan air. Bumbui dengan garam dan merica. Balurkan tahu ke dalam adonan cair hingga tertutup.


5. Goreng hingga matang dan sajikan.


6. Tusukkan cabe hijau kecil ke atas tahu agar terlihat cantik.


Nah, gimana? Nggak ribet kan? Bahan-bahan yang dibutuhkan juga gampang dicari, harganya ekonomis, dan tentunya nggak bakalan bikin Bunda bingung buat ngolahnya. Sedangkan rasanya, duh nggak perlu diragukan lagi. Buat perut yang kelaparan dan pengen nyemil, tahu isi tauge ini wajib Bunda coba deh.

Sumber