Berlangganan

Resep Stick Ubi Krenyes-Krenyes. Buat Lebaran / Cemilan Sehari-hari



Puasa tiba-tiba dapet setengahnya aja nih, Bun. Nggak kerasa ya, tinggal dua pekan lagi nih lebaran udah dateng. Kalau lebaran nih, keperluan mendadak banyak. Mulai dari belanja daging, belanja berbagai bumbu, dan kebutuhan lainnya buat para tamu, termasuk kue lebaran.

Nggak sedikit juga Bunda yang siap menyisihkan uang buat angpau lebaran. Dengan semua keperluan lebaran yang nggak sedikit nih Bun, Bunda wajib cerdas untuk mengolah anggaran rumah. Salah satu cara yang paling irit adalah dengan bikin kue sendiri di rumah.

Yap, emang sih Bunda belanja kue lebaran di pasar itu praktis banget. Bener deh. Cuman, harga per toplesnya juga nggak murah. Jadi, buat yang budgetnya bener-bener tipis, pengen bisa kasih angpau buat anak-anak yatim piatu di sekitar rumah, benerin beberapa bagian rumah yang keliatan parah, mau nggak mau ya bikin kue sendiri bisa menghemat banyak banget pengeluaran. Soalnya beli dua toples kue nih, kalo Bunda sendiri alokasikan dananya buat beli bahan-bahan mentahnya malah bisa jadi tiga sampai empat toples loh. Jadi patut banget untuk cobain beberapa resep sendiri di rumah. Termasuk nih, bikin stik ubi.

Ubi, tau kan ya, kaya banget nutrisi dan gizi. Seperti namanya nih, Bunda bakalan bikin stik yang terbuat dari ubi. Harga ubi nggak begitu mahal loh kalo Bunda ke pasar. Tapi kalo udah disulap jadi stik ubi, nggak bakalan deh ada tamu yang bisa nolak. Mau pake ubi ungu atau ubi lainnya, mengolah stik ubi ini nggak sulit loh. Campuran bahannya juga nggak mahal dan sederhana banget. Bahkan, sekali pergi ke pasar aja nih, Bunda bisa langsung bikin stik ubi begitu sampai di rumah.

Bikinnya juga nggak perlu jadi koki rumahan profesional loh Bun. Semua juga bisa kok, meskipun Bunda juga masih belajar memasak dan bikin kue. Tinggal praktek aja di rumah sambil ikutin bahan-bahan dan langkah membuatnya berikut. Krenyes-krenyesnya itu loh bikin mulut nggak berhenti nyemil.

Bahan-bahan:

  • 100 gram ubi (kukus haluskan)
  • 250 gram tepung terigu
  • 25 gram tepung tapioka
  • 25 margarin
  • 1 butir telur
  • 1sdt Garam

Langkah membuat:

1. Siapin dulu semua bahannya.


2. Campurkan semua bahan menjadi satu, uleni sampai kalis dan tidak lengket di tangan


3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian,
Tipiskan dg menggunakan botol sambil di taburi tepung tapioka supaya tidak lengket,
Lalu potong kecil memanjang,
Goreng dlm minyak panas api kecil sampai kuning keemasan, Angkat
Tiriskan


4. Stick ubi cocok buat isi toples


Nah, gimana? Inovasi bisa menyesuaikan nanti Bun. Mau bikin stik ubi rasa bawang, rasa manis, atau juga asin. Selamat mencoba ya!

Sumber