Berlangganan

Resep Soto Ceker Kudus/ Soto Bening. Sensasi Super Seger!



Salah satu makanan khas Indonesia yang cukup populer adalah soto. Soto juga dikenal sebagai coto, tauto, sauto, atau sroto. Cukup banyak juga ya Bun, nama lainnya soto. Nah, soto ini emang kayak sop, bikinnya dari kaldu daging ditambah sayuran. Biasanya nih, soto dibuat dari daging ayam atau daging sapi.

Tapi, nggak sedikit loh daerah lainnya yang pakai daging kambing atau daging lainnya. Bukti kayanya Indonesia ialah adanya berbagai variasi soto yang khas di tiap-tiap daerah loh. Maknya, ada soto Lamongan, soto Kudus, soto Semarang, soto Kediri, soto Betawi, soto Bandung, soto Padang, dan masih banyak lagi nih lainnya Bun. Semua variasi soto tersebut pakenya komposisi yang beda-beda loh. Keren kan?

Nah, kalo di Kudus sendiri ada yang namanya soto ceker. Soto ceker ayam ini dibuat dengan menyuguhkan kaki ayam yang masih lazim dikonsumsi. Eits, jangan salah, banyak juga kok negara yang mengolah ceker ayam buat menu masakan, seperti misalnya di Eropa, Afrika, Karibia, serta Amerika Latin.

Nah, untuk yang mau cobain gimana sih cara bikin soto ceker ayam Kudus terutama soto bening, Bunda bisa kok coba ikutin resep dan langkah membuatnya berikut. Jangan lupa selalu cek bahan-bahan yang udah Bunda siapin ya. Jangan sampe nih begitu mau masak ada bahan yang ketinggalan. Kalo enak, jangan lupa pula berbagi dengan tetangga sebelah, jangan cuman kasih aromanya aja. Hehehe… Selamat mencoba deh Bun!

Bahan utama:

  • 250 gram ceker ayam

Bumbu Halus:

  • 8 buah bawang merah
  • 6 buah bawang putih
  • 6 cm kunyit
  • 4 buah kemiri
  • 4 cm jahe

Bumbu Pelengkap

  • 2 buah serai (geprek)
  • 3 cm laos (geprek)
  • 2 buah daun jeruk
  • 2 buah daun salam
  • 4 buah cabe rawit
  • 300 ml air
  • Secukupnya garam, gula, merica dan minyak untuk menumis

Langkah Membuat:

1. Sangrai kemiri dan bawang putih. Kemudian haluskan semua bumbu halus.

2. Tumis bumbu halus+laos+serai+cabe rawit hingga harum dan bau langu hilang. Masukkan ayam baur dengan bumbu sampai meresap.

3. Masukkan air dan bumbui dengan garam+gula+merica. rebus hingga matang. Masak ceker biasanya membutuhkan waktu lama agar empum. Jika air menyusut tambahkan air kembali.


4. Soto ceker siap dihidangkan selagi hangat.


5. Saya tambahkan kol, tomat, cabe rawit dan kerupuk getas. Maknyusss.


Kalo beberapa orang sih mungkin banyak yang risih gitu ngeliat ceker ayam. Padahal, nggak sedikit pula orang luar negeri yang doyan beli ceker ayam buat dimasak, termasuk di Korea, Thailand, dan juga Meksiko. Emang sih, ceker ayam nggak ada daging atau ototnya. Tapi, buat para pecinta ceker ayam nih, soto ceker ayam itu enak banget karena bumbunya yang meresap di kulit dan di tendon (urat) dipadu kuahnya yang seger. Tekstur ceker ayam juga unik serta lembut, bumbu soto menambah gurih rasanya. Bahkan, ada banyak gelatin dan protein loh di ceker ayam.

Sumber