Berlangganan

Resep Soto Ayam Kampung Istimewa. Super Lezat Dengan Tampilan Menggoda



Ada banyak nih resep kuliner khas Indonesia yang bahkan bener-bener bikin turis banyak yang suka. Salah satunya nih resep soto ayam kampung. Menu yang satu ini emang sering nongol sebagai salah satu hidangan favorit buat resepsi pernikahan atau buat momen kumpul bareng keluarga. Alasannya yak arena peminatnya bener-bener banyak. Apalagi pas disajikan ketika weekend, rasanya bener-bener seger bisa makan soto ayam kampung bareng keluarga. Selain soto ayaam kampung, jenis soto lainnya juga terkenal loh, misalnya nih, soto bening, soto ayam santan, soto ayam Lamongan, dan juga soto Kudus.

Soto bisa Bunda sajikan buat keluarga, soalnya kuahnya begitu seger. Selain itu, cocok disajikan kapanpun, nggak peduli cuaca sedang sering mendung atau bener-bener terik. Bahkan, resep soto merupakan bagian warisan leluhur. Soalnya, soto sudah ada sejak jaman dulu, dan nggak pernah sepi peminat sampai sekarang ini. Nah, kalo biasanya Bunda harus ngantri nih ketika beli soto ayam kampung di luar rumah, ditambah belum lagi masalah kebersihan yang nggak selalu jadi prioritas pertama buat pedagang, akan lebih enak dan aman kalo Bunda bikin soto ayam kampung sendiri nih di rumah. Sekalinya bisa, Bunda bebas mau masaka soto ayam kampung kapan aja. Biaya juga nggak bakalan sebanyak yang dibutuhkan ketika beli.

Nggak cuman itu, bumbu rempah-rempah yang cukup banyak pada sajian soto ayam kampung juga berkhasiat loh buat tubuh. Iya dong, soalnya bahan-bahan tersebut memiliki kandungan-kandungan yang penting nih Bun buat tubuh. Sedangkan ayam sebagai bahan utamanya, ternyata juga bisa bantu tubuh untuk mendapatkan gizi yang cukup. Nah, jadi pasti nih nggak rugi kalo Bunda mau bikin soto buat anak dan keluarga besar. Untuk bikinnya, nggak bakalan ribet dan bingung. Soalnya, Bunda tingal ikutin aja nih resep berikut. Jangan lupa untuk cek bahan-bahannya dulu ya Bun supaya nggak ada yang ketinggalan.

Bahan-bahan

  • 500 gr Ayam Kampung (Direbus, kemudian digoreng)
  • 1500 ml Air Kaldu Rebusan Ayam
  • 1 Batang Daun Bawang (Iris kasar)
  • Secukupnya Minyak Goreng

Bumbu Iris ::

  • 6 Siung Bawang Putih
  • 7 Siung Bawang Merah

Bumbu Rempah ::

  • 1 Batang Daun Sereh (Dimemarkan)
  • 5 cm Jahe (Dimemarkan)
  • 5 cm Lengkuas (Dimemarkan)
  • 3 Lembar Daun Salam
  • 4 lembar Daun Jeruk

Bumbu Pelengkap ::

  • 1 sdt Ketumbar Bubuk
  • 1 sdt Kunyit Bubuk
  • 1/2 sdt Lada Bubuk
  • 1 sdt Kaldu Bubuk
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Penyedap Rasa
  • Secukupnya Gula Pasir

Bahan Pelengkap ::

  • Daun Seledri (Iris tipis)
  • Tomat (iris kasar)
  • Telur Rebus
  • Mie Soun
  • Bawang Goreng
  • Sambal
  • Kecap Manis

Langkah Membuat:

1. Panaskan air kaldu ayam dalam panci, masukkan semua bumbu rempah dan bumbu pelengkap..masak hingga setengah mendidih.


2. Ditungku lain, panaskan minyak goreng dan goreng irisan bawang putih dan bawang merah hingga garing kemudian saring, masukkan bawang goreng dan irisan daun bawang ke dalam kuah soto..masak hingga mendidih.


3. Penyajian, siapkan mangkok dan beri secukupnya nasi, ayam goreng suwir dan bahan pelengkap lainnya..kemudian tuang kuah sotonya.


4. Soto ayam kampung sederhana ala bunda siap disajikan.


Gimana Bun, gampang kan bikinnya? Tinggal ambil daging ayam, disuwir-suwir dan ditaruh di mangkok. Sajikan deh. Selamat mencoba ya Bun!

Sumber