Berlangganan

Resep Serundeng Daging Sapi. Lezat dan Mantap, 5 Langkah Dijamin Jadi



Selain diolah menjadi rawon, soto, atau kare daging sapi, Bunda juga bisa kok mengolah daging sapi untuk dibuat serundeng daging. Yap, serundeng daging sapi bisa jadi salahs atu koleksi resep baru untuk Bunda di rumah. Mungkin, selama ini Bunda selalu nih beli serundeng daging sapi buat aneka kue, atau buat taburan makan si kecil yang rakus banget sama serundeng.

Emang sih, beli serundeng daging sapi di luar banyak banget, harganya juga bervariasi, tapi yang berkualitas pasti juga semakin mahal. Sedangkan, Bunda sendiri belum tentu yakin beli serundeng daging sapi yang lebih murah di pasaran. Selain rasanya yang belum tentu terjamin enak, daging sapinya juga mungkin Bunda kurang merasa nyaman karena nggak tau kualitasnya, ya kan?

Nah, daripada bingung nih, mending beli daging sapi sendiri di rumah dan bikin serundeng daging sapi. Caranya? Gampang kok, Bunda tinggal ikutin aja nih resep, dari bahan dan langkah membuat serundeng daging sapi di bawah ini. Yuk dicobain deh.

Bahan-bahan

  • 1 kg daging sapi untuk serundeng
  • 2 batang serei
  • 6 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • 1 ruas lengkuas geprek

Bumbu halus

  • 6 butir bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 3 buah cabe merah
  • 5 buah cabe rawit
  • 1 ruas jahe
  • Secukupnya Gula jawa
  • Secukupnya asam jawa
  • Secukupnya Gula garam
  • 1 buah kelapa yg masih muda
  • Secukupnya air
  • Secukupnya minyak

Langkah Membuat:

1. Cuci bersih daging sapi kemudian potong tipis" Dan sisihkan.


2. Haluskan semua bahan bumbu kemudian tumis hingga bumbu wangi kemudian masukan serei daun jeruk Dan lengkuas.


3. Setelah tumisan bumbu masak masukan daging aduk rata lalu di ungkep selama 1 jam dengan api kecil.


4. Sambil menungu daging empuk KITA sangrai kelapa muda yang sudah di parut hingga kekuningan.


5. Setelah daging empuk masukan kelapa yg sudah di sangrai tadi ke dalam tumisan daging aduk hingga rata Dan cicipi rasa.lalu angkat Dan serundeng siap untuk di sajikan.


Ngomong-ngomong, serundeng daging sapi ini bagus loh untuk kesehatan. Soalnya, daging kelapa yang diparut juga daging sapinya itu mengandung banyak serat. Jadi, cukuplah untuk tambahin nutrisi tubuh. Nggak cuman itu, serundeng daging sapi adalah pilihan ideal. Terutama untuk Bunda yang nggak mau ribet.s oalnya, kalo udah jadi juga bisa disimpen di toples. Serundeng daging sapi juga wet kok, bisa bertahan lama, jadi dimakan besok-besoknya juga aman-aman aja.

Nah, tinggal Bunda coba aja resep di atas. Sudah jelas kan gambarannya? Apalagi sudah ada pict di setiap langkah membuatnya. Kalo mau coba serundeng lainnya yang lebih ekonomis, Bunda bisa kok ganti daging sapinya dengan daging ayam. Oh iya, resep di atas ini cocok untuk Bunda yang mau bikin serundeng daging sapi untuk enam porsi. Kalo mau lebih banyak, tinggal didobelin aja porsi tiap bahan ya Bun. Selamat mencoba deh. Seneng aja kalo ada toples kejutan buat si kecil yang doyan banget sama serundeng. Pasti bakalan dipeluk tuh toplesnya selama disuapin Bunda.

Sumber