Berlangganan

Resep Saus Kacang Untuk Cilok Dan Siomay Yang Enak dan Bisa Disimpan



Makan cilok ataupun somay memang kurang enak kalau enggak pakai saus. Kalau jaman dulu, mungkin Bunda sering tahu kasih cilok dengan menggunakan bumbu saos tomat dan kecap saja. Tapi sekarang udah beda, kebanyakan orang yang jual cilok dan somay dikasih bumbu kacang yang rasanya benar-benar spesial.

Seperti yang kita tahu, saus kacang ini punya rasa yang khas dan cocok banget buat digunakan sebagai teman makan untuk cilok dan somay. Sayangnya, kadang beberapa penjual cilok ataupun somay yang ada kurang pas buat bikin saus kacangnya. Berikut ini ada resep saus kacang yang benar-benar enak dan mantap.

Kasih sajian untuk keluarga ketika sedang berkumpul tentu udah bukan hal yang jarang dilakukan dong Bunda. Rasanya cemilan memang sajian wajib ketika keluarg sedang berkumpul, biar momennya makin spesial dan ngobrolnya makin seru. Nah, Bunda bisa nih coba kasih sajian cilok atau somay dengan saus kacang yang spesial jadi rasanya bakalan makin enak. Belum lagi kalau sausnya Bunda sendiri yang bikin, selain rasanya lebih spesial, Bunda juga bisa sesuaikan dengan selera keluarga. Resep saus kacang ini bener-bener gampang buat dibikin kok Bunda dan rasanya pasti enak dengan sajian cilok ataupun somay yang masih hangat.

Buat bahan-bahan yang digunakan untuk bikin saus kacang enggak banyak dan gampang dicari di sekitar kita kok Bunda. Sedangkan langkah bikinnya juga enggak makan waktu yang lama juga. Berikut ini ada bahan-bahan sama langkah buat bikin resep saus kacang sendiri di rumah tanpa harus beli dan bisa Bunda coba.

Bahan-bahan:

  • 250 gr kacang tanah
  • 500 ml air
  • 3 lmbr daun jeruk
  • 5 sdm gula pasir
  • 3 sdm kecap manis
  • 1/2 sdt garam
  • 2 sdm minyak utk menumis

Bumbu halus:

  • 3 butir bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 5 cabe merah/rawit (kalau mau pedas)

Langkah Membuat:

1. Goreng kacang tanahnya.. Jangan kegosongan ya ntar pahit. Tiriskan lalu haluskan.. Aku pakai blender, bisa pake chopper ya


2. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum.. Masukkan daun jeruk, gula pasir, kecap, dan garam. Beri air sedikit.. Masak sampai sedikit mengental


3. Masukkan kacang dan air. Masak pake api keciil sampai keluar minyaknya dan saus kacangnya mengental.. Cicipi rasanya. Sesuaiin selera ya..


4. Selesaii.. jadinya lumayan banyak nih lumayan bisa buat stok cocolan macem2. Boleh disimpan dalam wadah tertutup ya.. Selamat mencoba


Nah, itulah bahan-bahan sama beberapa langkah buat bikin resep saus kacang sendiri di rumah Bunda. Benar-benar simpel kan? Untuk rasanya, sesuaikan saja dengan selera keluarga di rumah Bunda, biar rasanya lebih spesial. Terus kalau untuk takaran porsinya bisa disesuaikan sama kebutuhan Bunda, entah mau dikurangi ataupun ditambah. Selamat mencoba Bunda, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sumber