Berlangganan

Resep Roti Goreng Enak Banget! Bikin Perut Cepet Kenyang



Keluarga Bunda doyan banget nggak sama yang namanya roti goreng? Roti goreng teksturnya bener-bener empuk, citarasanya juga sempurna. Nggak heran ya kalo bertahun-tahun roti goreng dijual oleh berbagai pedagang kaki lima dan usahanya nggak pernah mati. Mayoritas keluarga Indonesia pun memilih roti goreng sebagai salah satu jajanan favorit loh.

Nah, Bunda juga bisa kok bikin roti goreng ini sendiri di rumah. Rasanya nih nggak kalah dengan roti pabrikan. Bahkan, roti goreng ini bisa dibuat tanpa adanya pengawet. Membuatnya juga bener-bener aman dan higienis karena pakai bahan berkualitas. Dan tentunya, Bunda pun memperhatikan faktor kebersihan ya karena emang buat keluarga sendiri di rumah. Bahkan, sekali roti goreng ini tersaji, langsung bakalan ludes ngak bersisa. Rotinya juga lembut, bahkan juga awet. Bunda bisa kok pakai bread improver buat 1 kg tepung terigu sekitar 2 sampai 4 gram.

Untuk isiannya juga bisa sesuai selera. Bunda tinggal pilih nih, mau bikin isian yang manis atau yang asin. Kalo nggak pake isian juga nggak masalah.Isian yang bisa Bunda tambahin nih selai kacang dan juga sekali cokelat yang bisa dibeli di pasaran dengan harga yang terjangkau. Nah, ketimbang penasaran nih, Bunda tinggal ikutin aja bahan-bahan sekaligus langkah membuatnya berikut ini. Jangan lupa untuk cek berbagai bahannya dulu ya, sebelum mulai mencoba memasak. Biar nggak ada resep yang ketinggalan dan rasanya jadi sempurna.

Bahan-bahan:

  • 200 gram tepung terigu
  • 50 gram gula halus
  • 1 butir telur
  • 1 sdt ragi instan( larutkan)
  • 1/4 sdt vanili
  • 1/4 sdt garam
  • 70 ml air hangat

Langkah Membuat:

1. Siapin bahan-bahannya


2. Kocok telur sampai mengembang, setelah itu masukkan gula halus, tepung terigu, vanili dan ragi. siram dg air sedikit demi sedikit aduk rata. Lalu terakhir masukkan garam, dan uleni hinggga kalis. Diamkan adonan selama 1jam ( tutup dg kain/ plastik)


3. Jika sudah mengembang letakkan adonan di atas telenan yg sudah di olesi tepung terigu, Lalu kempiskan. Gilas adonan dg botol hingga rata dg ketebalan 2cm, Olesi atasnya dg air, taburi wijen secukupnya. Potong-potong bentuk kotak/ sesuai selera. Lalu goreng roti dg api sedang, sampai berwarna kecoklatan, Angkat.


4. Roti Goreng


Daripada bingung nih pengen bikin roti goreng yang endess banget, gurih, yummy, pokoknya bikin Bunda pengen ngemil terus nih, Bunda cobain aja deh resepnya. Gampang kan? Tinggal siapin bahan-bahannya dan ikutin deh langkah-langkah bikinnya sesuai instruksi di atas. Asli deh Bun, nggak bakalan bikin Bunda kapok bikinnya. Soalnya rasa dan aromanya itu loh kemana-mana. Apalagi roti kering selalu bikin kenyang perut yang kelaparan. Jadi, kalo jalan-jalan irit bareng keluarga nih, tinggal bawa roti goreng yang udah dibikin di rumah deh. Asik kan? Selamat mencoba ya Bun, semoga berhasil!

Sumber