Berlangganan

Resep Rambak Basah Santan. Gurih, Pedas dan Seger Jadi Satu



Bunda mesti tahu dong berbagai olahan menu dengan kuah santan kuningnya yang bener-bener gurih dan seger. Misalnya nih gulai, kare, lodeh, serta rambak basah santan kuning. Nggak tahu ya, aneka menu itu selalu rasanya enak dan nikmat. Bahkan aromanya bener-bener mengundang selera makan siapapun yang mencium aromanya.

Rambak atau krecek/ kerecek ini sebenernya adalah kulit sapi Bun. Cuman sudah melalui proses pengeringan buat tambahan masakan dan buat kerupuk. Nah, masaknya juga bervariasi. ada yang pakai berbagai bumbu buat bikin sambal goreng, cuman dengan kuah yang cukup banyak. Tapi kalo Bunda pergi ke Jawa Tengah nih, krecek ini sambel goreng tempe ditambah dengan krupuk kulit.

Ngomongin tentang krecek atau rambak basah santan kuning, Bunda tinggal potong-potong aja rambaknya terus dimasukin dalam kuah santan kuning yang sudah ditumis duluan bumbunya. Cara masaknya gampang banget kok. Selain itu bisa juga ditambah dengan berbagai bahan lainnya, misalnya tempe atau tahu. Nah, Bunda juga harus tahu nih kalo rambak itu ada yang murni atau ada yang modifikasi.

Kalo nggak kulit sapi, ada juga rambak yang dibuat dari kulit kerbau. Tapi, bagian dalamnya itu sudah dibersihkan. Kulit sapi yang dikeringkan, kalo digoreng juga bisa jadi kerupuk kulit. Selain bikin rambak basah kuah santan, Bunda juga bisa cobain resep lainnya misalnya nih krecek cabai hijau.

Nah, kalo mau cobain bikin rambak basah kuah santan, nggak sulit kok. Bahkan, meskipun Bunda lagi belajar masak nih, Bunda masih bisa kok ikutin resep berikut. Resepnya juga cukup simpel. Kalo sudah siapin semua bahannya nih, jangan lupa buat cek ulang bahan-bahannya. Jangan sampai nih ada yang ketinggalan dan bikin resep rambak basah kuah santan buatan Bunda di rumah jadi ada yang kurang.

Bahan-bahan

  • 500 gr Krecek Basah
  • 3 Buah Tahu (Iris,digoreng)
  • Secukupnya Cabe Rawit Utuh
  • 50 ml Minyak Goreng
  • 500 ml Air
  • 500 ml Santan

Bumbu Rempah ::

  • 5 cm Lengkuas (Dimemarkan)
  • 3 Lembar Daun Salam
  • 3 Lembar Daun Jeruk
  • 1 Batang Sereh (Dimemarkan,ikat)

Bumbu Halus ::

  • 6 Siung Bawang Putih
  • 5 Siung Bawang merah
  • 2 buah Cabe Merah
  • 5 buah Cabe rawit (sesuai selera)
  • 4 cm Kunyit
  • 4 cm Jahe
  • 5 Biji Kemiri
  • 1 sdt Ketumbar

Bumbu Pelengkap ::

  • 1 sdt Kaldu Bubuk
  • Secukupnya Penyedap Rasa
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula Pasir

Langkah Membuat:

1. Ini ya yang namanya rambak basah 👉


2. Panaskan minyak goreng,tumis bumbu rempah dan bumbu halus hingga harum.


3. Tuang air masak hingga setengah mendidih,masukkan tahu goreng,rambak basah dan cabe rawit.


4. Tambahkan bumbu pelengkap,masak hingga mendidih,tuang santan..aduk terus supaya santan tidak pecah,masak hingga kuah mendidih dan matang.Menu reques suami tercinta sudah ready, rambak basah masak santan kuning siap disajikan..nikmat sekali 😀👍


Resep ini bisa disajikan kapanpun loh. Mau buat weekend, buat sambut keluarga yang baru pulang setelah sekian lama merantau, atau bahkan untuk menu sehari-hari. Selamat mencoba ya Bun, semoga berhasil!

Sumber