Berlangganan

Resep Pastel Mini Isi Abon Ayam. Buat Lebaran Jadi Meriah



Pastel ini camilan yang enak banget loh Bun, dan saking gampangnya, semua Bunda termasuk yang lagi belajar bikin kue nih wajib cobain camilan yang satu ini. Pastel ini emang kayak pastry, terus ciri khasnya ada isian didalamnya. Isiannya bisa bervariasi, ada abon, atau juga sayuran.

Nah, isiannya ini nih yang nantinya bakal mempengaruhi rasanya. Kalo diisi abon ayam, dijamin rasanya bakalan gurih. Selain itu, pastel juga bisa kok dibawa kemanapun, persis kayak sandwich, termasuk buat piknik keluarga. Bukan cuman itu, pastel juga dapat dibuat dengan proses memasak yang berbeda loh Bun. Umumnya, kalo di Indonesia nih, pastel ya dimasak dengan cara digoreng. Tapi, bisa kok pastel dibuat dengan cara dipanggang.

Bikin pastel itu gampang banget loh Bun. Bahkan, untuk para Bunda yang nggak punya mixer nih, tetep aja bisa kok bikin kue pastel di rumah. Bahkan, kalo bikin pastel yang versi mini, adonan yang sedikit bisa jadi banyak. Ya, sekian toples dan lumayan buat bikin lebaran terasa lebih meriah, meskipun dengan ongkos produksi yang sedikit. Jadi lumayan kan ya lebaran terasa lebih rame meskipun bahan-bahan buat bikin pastel mini bener-bener sederhana dan ekonomis.

Nah, gimana sih cara bikin pastel mini? untuk bikin pastel ini emang membutuhkan keterampilan tangan sih Bun. Terutama untuk Bunda yang melipat ujung pastelnya pakai tangan. Kalo bisa, wajib dicoba nih Bun. Bahkan, Bunda juga bisa kok bikin pastel dalam jumlah banyak buat oleh-oleh keluarga yang udah jauh-jauh mampir ke rumah Bunda. Nah, resepnya tinggal ngikutin aja bahan-bahan dan langkah membuatnya berikut. Jangan sampe ada bahan-bahan yang tertinggal ya Bun. Jadi, usahakan periksa ulang semua bahan yang sudah Bunda siapkan.

Bahan-bahan:

Bahan kulit

  • 150 gram tepung terigu
  • 25 gram margarin
  • 1 butir telur
  • Campur bahan menjadi satu dan uleni sampai kalis.

Langkah membuat:

1. Siapin dulu bahan kulitnya


2. Cara membuat abon ayam:
Daging ayam (rebus, suwir-suwir kecil/ di ulek)
Haluskan, bawang merah, bawang putih, jahe, ketumbar, merica, gula merah, garam..
Panaskan wajan tumis bumbu halus sampai harum lalu masukkan daging ayam dan sangrai kurang lebih 20 menit sampai kering, lalu angkat( api kecil)


3. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, bulatkan,
Pipihkan menggunakan botol,
beri isi abon,
lalu lipat dan pinggirnya tekan dg menggunakan garbu supaya tertutup rapat.


4. Goreng dalam minyak panasnya sedang dg api kecil sampai kering dan busanya tidak ada lagi, angkat dan tiriskan.


5. Setelah dingin, simpan dalam toples


Nah, gimana? Gampang banget loh bikinnya. Apalagi kalo Bunda lagi berkumpul bareng keluarga besar. Tinggal bikin pastel mini bareng-bareng deh. Hasilnya banyak loh. Bisa jadi sekian toples, tergantung ukuran pastel yang Bunda buat. Selain itu, nggak bakalan abisin abon kok. Selamat mencoba ya!

Sumber