Berlangganan

Resep Onde-Onde Lembut Kuah Jahe. Dijamin Nggak Keras Dimakan Besoknya



Indonesia termasuk Negara yang punya banyak sekali makanan khas nih Bunda. Salah satunya makanan khas dari Indonesia ada onde-onde. Pasti para Bunda udah enggak asing dengan makanan ini kan? Soalnya gampang banget ditemukan di pasar tradisional.

Sebenarnya onde-onde ini punya banyak jenis loh Bunda, ada yang digoreng dan di dalamnya dikasih isian kacang hijau. Ada juga yang pakai kuah dengan rasanya yang manis dan segar ala Chinese. Mungkin selama ini yang paling terkenal onde-onde yang digoreng, tapi onde-onde dengan kuah rasanya enggak kalah enak kok Bunda. Apalagi kuahnya yang pake bahan jahe bikin makin seger sekali dihidangkan. Buat bikin resep onde-onde lembut ini juga sederhana.

Onde-onde yang dihidangkan dengan kuah air jahe memang terasa segar dan bisa Bunda sajikan untuk menu buka puasa. Bahkan ketika sedang kumpul dengan keluarga di musim hujan rasanya menu ini memang paling pas. Bisanya yang suka para orang tua, karena rasanya menyegarkan di badan. Kalau untuk anak-anak mungkin kurang suka karena rasa jahe pada kuahnya yang kurang cocok. Sajian resep onde-onde lembut ini juga bisa Bunda kasih buat acara hajatan ataupun arisan di rumah dengan teman-teman ataupun para tetangga pasti bakalan banyak yang suka. Kalau udah banyak yang suka, bisa jadi lahan buat buka usaha di rumah loh Bunda.

Untuk bahan-bahan yang dipakai juga enggak susah dicari, soalnya umum banget di sekitar kita Bunda. Kalau untuk langkah membuatnya juga sederhana, bikin onde-onde dan kuahnya enggak butuh waktu yang lama. Berikut ini bahan sama langkah buat bikin resep onde-onde lembut sendiri di rumah yang bisa diikuti Bunda.

Bahan-bahan:

Bahan utk ONDE :

  • 200 gr tepung ketan
  • 80 gr kentang rebus, haluskan
  • 200 ml air (suhu ruang)
  • Sejumput garam
  • 1 sdm gula pasir
  • Bahan utk KUAH JAHE :
  • 10 jempol jahe digeprek
  • 2 lbr daun pandan, sobek
  • 1.5 L air
  • secukupnya Gula merah / gula pasir

Langkah Membuat:

1. ONDE : Campur tepung ketan, kentang, air, garam dan gula. Aduk rata. Uleni hingga bisa dipulung


2. Adonan onde. Utk warna hijau, ganti air dg juice pandan


3. Bentuk bulat2 adonan onde


4. Masak air dan daun pandan hingga mendidih. Cemplung kan onde2


5. Onde2 yg telah matang akan mengapung


6. KUAH JAHE : Masak air dlm panci, masukkan jahe, daun pandan dan gula. Masak sampai mendidih dan gula larut. Masak terus kira2 10 mnt. Angkat


7. Masukkan onde yg telah matang ke dalam kuah jahe


8. Sajikan onde2 hangat


Nah, itu dia bahan sama langkah buat bikin resep onde-onde lembut sendiri di rumah. Sederhana dan enggak ribet kan Bunda? Untuk takaran bahan dan takaran rasa, bisa disesuaikan dengan kebutuhan Bunda ya. Jadi bahannya bisa dikurangi atapun ditambah. Semoga bermanfaat, selamat mencoba Bunda, terima kasih.

Sumber