Berlangganan

Resep Nasi Goreng Ebi. Bikin Waktu Makan Jadi Berselera



Suka nasi goreng nggak, Bun? Nasi goreng atau nasi yang udah digoreng bukan menu yang aneh nih untuk keluarga Indonesia. Bahkan, pedagang nasi goreng keliling bisa mendapatkan pendapatan yang melimpah karena dibelakangnya ada rahasia resep yang bener-bener menggoda selera.

Sajian nasi goreng juga bisa kok ditemukan di berbagai restoran mewah. Jadi, bisa dibilang nih Bun, kalo nasi goreng tuh makanan semua kalangan. Nggak peduli orang kaya sampe orang biasa-biasa pasti nggak bisa nolak tuh begitu didepannya disuguhin nasi goreng. Tapi, kalo Bunda bosen dengan nasi goreng biasa-biasa aja nih, waktunya bikin nasi goreng ebi.

Nasi goreng biasanya dibikin dengan berbagai bahan seperti sayur-sayuran, telur, daging, atau juga makanan laut. Nah, bikin nasi goreng ebi berarti Bunda campur nasi goreng itu dengan udang kecil-kecil yang udah kering.

Selain di Indonesia nih, nasi goreng juga cukup populer loh di Tiongkok Raya. Kalo Bunda kesana nih, nasi goreng Yangzhou serta nasi goreng Hokkien adalah dua variasi yang paling booming. Bahkan kalo ke Barat, bunda bisa cari banyak restoran yang punya pelanggan Muslim atau juga vegetarian yang bisa bikin inovasi nasi goreng. Kerennya lagi, menu ini sudah masuk dunia internasional loh Bun. Nggak percaya, coba deh berkunjung ke restoran Amerika, beberapa menunya memunuculkan nasi goreng, padahal menu tersebut bukan bagian dari tradisi mereka loh.

Nah, untuk cobain bikin nasi goreng ebi atau udang kering, Bunda tinggal coba aja simak bahan-bahan yang harus disiapkan dan langkah membuat yang harus diikuti. Simak resepnya baik-baik ya Bun, jangan sampe ada bahan yang tertinggal. Sekali jadi, coba disajikan buat keluarga di rumah. Resep ini cocok untuk tiga porsi penyajian. Kalo bikin lebih, Bunda tinggal didobel aja bahan-bahannya. Selamat mencoba ya!

Bahan-bahan:

  • 3 canting beras
  • 6 sdm ebi / udang kering
  • 2 butir telur
  • 6 siung bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 buah cabe merah keriting
  • 3 butir kemiri sangrai
  • 6 sdm kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt kaldu bubuk
  • 1/2 sdt merica
  • 2 sdm minyak untuk menumis

Langkah Membuat:

1. Siapkan bahan dalam chopper dan haluskan. Ini foto belum lengkap. Masih minus kemiri.


2. Tumis bumbu hingga harum. Masukkan telur. Lalu orak arik.


3. Masukkan nasi,bumbui dan tes rasa.


4. Cetak nasi dalam wadah. Padatkan biar ga pecah saat dibalik.


5. Cetak nasi. Hias sesuai selera. Bisa pake sayuran,ayam suwir,sosis dan baso. Tapi aku ga pake karena abis stock


Nah, gimana Bun? Itu tadi resep dan langkah membuat nasi goreng ebi atau udang keringnya. Mudah-mudahan berhasil, hasilnya juga enak. Lumayan bisa bantu tambahin koleksi resep yang bisa Bunda sajikan buat keluarga di rumah. Apalagi nasi goreng tergolong menu yang bisa dimakan buat sarapan, makan siang, atau makan malam.

Sumber