Berlangganan

Resep Lumpia Rebung Semarangan. Sekali Saji Langsung Ludes!



Kalo Bunda habis dari Semarang nih, salah satu oleh-oleh yang dibawa buat keluarga di rumah dan kerabat tentu Lumpia Rebung. Ya, Semarang selalu jadi tempat favorit pokoknya kalo sudah berkaitan dengan pusatnya makanan rebung. Soalnya, rebung ini emang camilan yang paling lezat dari Semarang. Rebung ini adalah olahan sayuran dengan bahan utama tanaman bambu, yaitu rebung. Rebung ini tunas bambu atau ujung tanaman bambu yang masih muda. Kemudian, dipotong dan dikonsumsi. Keren ya Bun?

Emang sih, buat Bunda yang lagi belajar masak, masak rebung mungkin bikin bingung, soalnya ada bau pesing yang harus diakalin nih. Nah, Bunda harus mengolahnya dnegan baik dan bener supaya rasanya bener-bener nikmat buat disajikan untuk keluarga. Caranya yaitu dengan sering merendam rebung. Setelah sekian menit, ganti air lagi yang bersih. Begitu diulang-ulang sampai nggak ada baunya. Biar bau pesingnya bisa cepet ilang nih, Bunda bisa tambahin air cuka makan. Alternatif lainnya juga bisa pakai air perasan jeruk nipis kok. Asam ini digunakan buat menghilangkan senyawa amonika tadi.

Rebung kemudian dikukus sampai cairan rebung bisa keluar dari badannya. Ini penting loh Bun, bahkan kalo pelu proses mengukusnya harus diulang-ulang. Air rebusannya bisa dibuang, terus bunda pakai rebung yang sudah direbus tadi buat isi lumpia. Oh iya, semakin berkualitas rebungnya nih, maka semakin lezat pula lumpia rebung yang mau Bunda bikin. Nah, daripada Bunda bingung nih gimana cara bikinnya, Bunda bisa liat aja resep Lumpia Rebung berikut.

Bahan-bahan:

  • Secukupnya Kulit Lumpia
  • Secukupnya Minyak Goreng

Bahan Isian Lumpia ::

  • 500 gr Rebung Rebus (Iris tipis memanjang)
  • 200 gr Daging Ayam (Iris dadu kecil)
  • 200 gr Udang Kupas (Iris dadu kecil)
  • 4 Butir Telur Ayam(Kocok lepas)
  • 200 gr Batang Daun Bawang (Iris tipis)
  • 3 sdm Minyak goreng untuk menumis

Bumbu Halus ::

  • 5 Siung Bawang Putih
  • 4 Siung Bawang Merah

Bumbu Pelengkap ::

  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula Pasir
  • 1/3 sdt Lada bubuk
  • 1 sdt Kaldu bubuk
  • 2 sdm Kecap Manis

Bahan Saos ::

  • 200 ml/1 Gelas Air putih
  • 50 gr Gula merah
  • 2 Siung Bawang Putih (Dihaluskan)
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Lada Bubuk
  • Larutan Pengental ::
  • 1 sdm Maizena (Opsional)
  • 2 sdm Air

Pelengkap ::

  • Cabe Rawit/lalap
  • Acar ketimun
  • Daun Bawang/kucai

Langkah Membuat:

1. Untuk isian lumpia, Panaskan minyak,tumis bumbu halus hingga harum, masukkan irisan daging ayam dan udang,aduk rata hingga udang berubah warna.


2. Kemudian masukkan kocokan telur dan aduk rata hingga menjadi telur orak-arik.


3. Masukkan irisan rebung dan daun bawang..beri bumbu pelengkap,aduk rata dan masak hingga air habis dan mengering. Sisihkan.


4. Siapkan kulit lumpia, beri 2 sdm isian kemudian lipat dan rekatkan dengan putih telur/larutan tepung kental.


5. Panaskan minyak goreng, kemudian goreng lumpia hingga kuning kecoklatan..angkat dan tiriskan.


6. Cara membuat saos :: Masak semua bahan saos kecuali larutan pengental..masak hingga mendidih dan gula merah larut, kemudian tuang larutan pengental,aduk rata masak hingga meletup-letup (Kekentalan saos sesuai selera).


7. Sajikan lumpia rebung ala semarangan ini dengan saos,cabe,acar ketimun dan daun bawang..puas deh kalo bikin sendiri


Lumpia rebung berbeda dengan lumpia lainnya soalnya isi dan sausnya emang nggak sama nih Bun. Lumpia rebung bikinnya pakai ayam dan rebung buat isiannya. Selain ayam, Bunda juga bisa kok pakai udang atau lainnya. Tapi, kalo lumpia lainnya nih isinya ya wortel, toge, kentang, dan lainnya.

Nah, lumpia rebung itu bener-bener khas soalnya ada saus taconya yang cukup populer. Nggak heran ya kalo udah makan lumpia rebung, pasti bikin Bunda nggak bisa berhenti kalo nggak abis nih. Nggak peduli pagi, siang, malam, lumpia rebung cocok buat camilan sehari-hari. Penyajiannya jadi komplit kalo pake teh manis hangat. Bunda juga bisa kok sajikan dengan kopi panas. Selamat mencoba deh pokoknya!

Sumber: