Berlangganan

Resep Lontong Ketupat Kilat. Cukup Pakai Rice Cooker



Siapa sih yang nggak tahu lontong? Bunda pasti bisa menemukan pengganti nasi ini di berbagai menu, misalnya nih sate lontong, lontong sayur, dan lainnya. Nah, lontong emang cocok nih untuk disantap dengan berbagai menu, bahkan kalo lebaran juga seringkali kita bikin lontong. Nggak sedikit sih Bunda yang tahu dengan lontong, tapi gimana kalo bikinnya? Nggak semuanya loh bisa bikinnya. Malah lebih milih beli. Padahal, kalo tau cara bikinnya, dijamin deh bakalan lebih milih bikin. Soalnya gampang banget.

Kalo jaman dulu nih, masak lontong harus bener-bener ditunggu apinya. Apalagi kalo masak pakai tungku. Jangan sampe kayu api mati dan bikin lontongnya gagal total. Bukan cuman itu, air juga harus terus ditambahkan supaya nggak habis karena terus direbus. Agar menghasilkan tekstur lontong yang empuk dan lembut, emang cara masaknya memakan waktu. Tapi, karena jaman semakin modern nih, Bunda tetep bisa kok bikin lontong dengan pakai rice cooker. Hasilnya juga tetep enak dan dijamin berhasil. Bunda juga bisa kok bikin lontong atau ketupat kilat di rumah.

Kenapa nih mending bikin lontong di rumah ketimbang beli? Nggak ada yang tau ya gimana caranya penjual lontong bikin lontong buat dijual, selain pedagangnya itu sendiri. Bunda nggak tahu apakah penjual tersebut memperhatikan kebersihannya ketika bikin lontong, pakai bahan-bahan yang berkualitas atau nggak, pake trik apa biar awet, atau juga gimana biar bisa tampil menarik. Soalnya, nggak sedikit juga sih pedagang yang suka main kotor, misalnya nih dengan ditambahin pengawet atau juga pemutih. Nah, inilah Bun alasannya. Jadi, kalo bikin sendiri di rumah, tentu sehat dan aman buat dikonsumsi keluarga di rumah.

Untuk bikinnya, Bunda nggak perlu kuatir. Soalnya Bunda tinggal ikutin cara membuat dari Bunda Novalia yang dikutip modern.id berikut ini.

Bahan-bahan

  • 2 canting nasi
  • 4 canting air
  • 1 sdt garam

Langkah Membuat:

1. Masak beras dirice cooker hingga membentuk bubur kental.


2. Setelah jadi bubur kental. Tata dalam loyang bongkar pasang. Kukus 20-25 menitan


3. Keluarkan dari kukusan. Biarkan dingin. Simpan dikulkas 1 jam.


4. Setelah agak padat dan mengeras baru potong


5. Siap disajikan. Saya lgsg bikin kupat ayam sayur. Yummyyy


Nah, gimana Bun? Gampang kan? Emang sih bakalan nunggu cukup lama buat lontongnya. Tapi bener-bener patut untuk dicoba kok Bun. Usahain bikinnya pas lagi free ya. Kalo lagi santai di rumah kan, bisa sambil ditinggal nonton TV, setrika pakaian, atau lainnya. Selamat mencoba ya Bun! O iya, jangan lupa cek resep-resep pilihan lainnya di modern.id

Sumber